2 Rumah Ambruk di Aceh Selatan Diterjang Banjir

Aceh Selatan (KANALACEH.COM) – Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Selatan, Aceh mengakibatkan dua unit rumah ambruk diterjang banjir dan longsor, pada Kamis (1/9).

Informasi yang diperoleh, saat ini intensitas hujan di kawasan itu masih tinggi. Sementara ketinggian banjir yang terjadi di Kecamatan Samadua, Pasieraja dan Tapaktuan mencapai 1 meter.

“Saat ini di Samadua ada satu rumah yang hanyut terbawa banjir, serta di Tapaktuan ada satu rumah longsor,” kata Kepala BPBD Aceh Selatan, Zainal.

Zainal menyebutkan banjir terparah terjadi di Kecamatan Samadua dan Tapaktuan. Hal itu juga diperparah meluapnya daerah aliran sungai (DAS) di kawasan itu sehingga merendam rumah warga.

Sementara jalan nasional di wilayah itu juga ikut tergenang dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter. Kendaraan, banyak yang memilih untuk tidak melintas karena derasnya aliran air.

“Lalu lintas masih aman dan bisa dilalui, tapi harus berhati-hati selain arus yang deras juga ditakutkan ada pohon yang tumbang,” ujarnya.

Sejauh ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait warga yang dievakuasi akibat banjir tersebut. Sejumlah warga saat ini, memilih untuk mengungsi ke rumah tetaangganya atau ke tempat yang lebih aman. “Ada yang mengungsi ke rumah tetangganya,” katanya.

Ia mengimbau warga yang melintas untuk waspada karena kemungkinan terjadi longsor hingga banjir bandang, mengingat hujan deras masih melanda kawasan itu.

Related posts