Hujan Deras Rendam Empat Kecamatan di Asel Serta Longsor

TAPAKTUAN (KANALACEH.COM) – Empat kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan (Asel) direndam banjir akibat hujan deras melanda beberapa wilayah kabupaten di Aceh tak terkecuali Aceh Selatan.

Akibat hujan itu sebanyak 31 unit rumah warga di empat Kecamatan terendam banjir. Kamis (1/9)

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, empat Kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Tapaktuan, Pasie Raja, Kluet Tengah dan Kecamatan Samadua.

Kepala BPBD Aceh Selatan, H. Zainal mengatakan, selain banjir, dalam empat kecamatan tersebut juga adanya terjadi longsor hingga rumah warga ikut diterjang abrasi akibat gelombang pasang tinggi yang di picu debit air tinggi.

Data sementara yang diterima, di kecamatan Tapaktuan banjir merendam 7 gampong, sedangkan di kecamatan Pasie Raja sebanyak 5 gampong, kemudian kecamatan Kluet Tengah 6 gampong serta kecamatan Samadua banjir merendam 13 gampong.

“Ketinggian air yang merendam empat kecamatan ini berbeda-beda, mulai dari ketinggian 75 hinggai 120 centimeter,” ungkapnya melalui laporan yang diperoleh media ini.

Ia menjelaskan, di Gampong Hilir, kecamatan Tapaktuan, ada satu unit rumah warga tertimbun longsor dan di gampong Lubuk, kecamatan Samadua, longsor menutupi badan jalan lintas gampong.

“Untuk sementara ini, laporan adanya korban belum kita peroleh, dan saat ini tim kita masih di lapangan untuk terus melakukan pemantauan di setiap gampong. Kemudian kita juga mengingatkan supaya terus waspada,” pungkasnya.

Related posts