Diskop dan UKM Aceh Latih 30 Warga Bener Meriah Pengelasan

Bener Meriah (KANALACEH.COM) – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Aceh menggelar acara bimtek pengelasan bagi pemula untuk 30 warga di Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan itu berlangsung sejak 13-16 September 2022 di Hotel Huriz Homestay Pelangi Syariah. Peserta bimtek akan diberi materi oleh para ahli yaitu DR Iskandar Majid, Fakhrurrazi dan narasumber yang berkompeten dalam bidang tersebut.

Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Diskop dan UKM, Aswar mengatakan, kegiatan bimtek kali ini akan fokus membahas tentang bagaimana membuka usaha mandiri pengelasan.

Dalam bimtek itu, juga diadakan praktikum demi menunjang para peserta mendapatkan materi. Praktikum yang akan dilaksanakan di bengkel Las Kreatif Teknik.

“Para peserta akan diajarkan praktik cara memotong besi, cara mengelas dasar, teknis/skill bagi seorang pengelas dan lainnya,” kata Aswar dalam keterangannya, Jumat (16/9).

Kemudian untuk praktik lapangan sendiri, kata Aswar bertujuan untuk memperkenalkan teori dasar secara aplikatif kepada para peserta kegiatan, agar mengerti teknik dasar secara lengkap dan juga berkompeten.

Praktik Pengelasan sendiri berlangsung khidmat dimana peserta dibagi menjadi 2 kelompok dan dimentori oleh 1 praktisi per masing-masing kelompok. Para peserta diajarkan bagaimana basic welding, serta teknik lainnya.

Aswar berharap kegiatan bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para pelaku UMKM.

“Sehingga usaha yang akan dijalankan kedepannya dapat berkembang dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum,” katanya.

Dalam kegiatan itu juga turut dihadiri Kasi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan Diskop UKM Abdah Syahdan, Kabid UKM Dinas koperasi dan UKM Kabupaten Bener Meriah.

Related posts