Ganda Putra Indonesia Juara Malaysia Open Usai Taklukkan Pebulutangkis Muda China

(Dok. PBSI)

(KANALACEH.COM) – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil jadi juara Malaysia Open 2023 usai mengalahkan Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21, 21-13.

Permainan cepat tersaji di awal gim pertama. Meskipun Fajar/Rian sempat tertinggal 1-3, Fajar/Rian mampu melakukan serangan balik dan menyamakan kedudukan di angka 5-5.

Kedudukan imbang kemudian terus terjadi hingga angka 7-7 ketika kedua ganda bergantian unggul. Fajar/Rian memimpin 8-7 setelah smes Liang Wei Keng menyangkut di net.

Fajar/Rian memperbesar keunggulan menjadi 9-7 lewat reli 26 pukulan. Mereka mampu memaksa Wang Chang melakukan kesalahan.

Poin ke-10 lalu didapat Fajar/Rian lewat tembakan keras Rian di depan net yang menghunjam telak ke lapangan lawan. Poin ke-11 langsung didapat Fajar/Rian di kesempatan berikutnya karena pukulan lawan keluar lapangan. 11-7 untuk Fajar/Rian di interval

Selepas interval, Fajar/Rian masih mampu mempertahankan selisih poin di angka empat pada kedudukan 14-10 meskipun Liang/Wang melakukan tekanan lewat rangkaian smes keras.

Dua kesalahan dari Liang/Wang, yaitu kesalahan servis dan pengembalian shuttlecock membuat Fajar/Rian memimpin 16-12. Fajar/Rian pun terus menguasai keadaan hingga mendekati akhir gim kedua.

Fajar/Rian berhasil meraih game point di angka 20-14 setelah mereka kembali mengungguli Liang/Wang dalam perburuan angka.

Dalam kondisi ini, Fajar/Rian justru sempat kehilangan ritme. Liang/Wang bisa merebut empat poin beruntun dan merapat pada angka 18-20.

Situasi darurat akhirnya bisa dilewati oleh Fajar/Rian. Pada kesempatan kelima, Fajar/Rian bisa meraih poin setelah unggul dalam reli lawan Liang/Wang.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian sempat kalah start dan tertinggal 0-4. Fajar/Rian tetap tampil tenang dalam kondisi tersebut dan bisa menyamakan kedudukan di angka 4-4.

Skor kembali sama kuat di angka 6-6 dan 7-7. Fajar/Rian sempat kembali tertinggal 7-9 namun kemudian melakukan balasan dengan torehan empat poin beruntun yang membuat mereka memimpin 11-9 di interval.

Selepas interval, Liang/Wang mampu berbalik memberikan tekanan. Serangan-serangan Liang/Wang mengantar mereka unggul 13-12.

Smes dari Rian yang tak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh lawan membuat skor kembali imbang 13-13.

Setelah skor kembali imbang di angka 14-14, Fajar/Rian sempat kehilangan dua angka. Liang/Wang memimpin 16-14 yang berlanjut menjadi 17-15.

Sergapan Rian di depan net membuat selisih poin menjadi 16-17. Peragaan defense yang bagus dari Fajar/Rian diakhiri pukulan silang Rian membuat skor kembali imbang di angka 17-17.

Pukulan Wang Chang yang akurat ke sudut lapangan membuat skor berubah jadi 18-17 untuk keunggulan ganda China. Rangkaian serangan Liang/Wang kembali menghasilkan poin, 19-17.

Liang/Wang lalu meraih game point di angka 20-17 setelah pukulan Fajar keluar.

Fajar berhasil menggagalkan game point pertama Liang/Wang lewat kemenangan di adu drive. Namun Liang/Wang bisa memaksimalkan game point berikutnya untuk menutup gim kedua dengan skor 21-18.

Memasuki gim penentuan, pertarungan ketat terjadi sejak awal gim. Skor sama kuat tecipta dari angka 2-2, 4-4, hingga 6-6.

Fajar/Rian lalu berhasil merebut dua poin beruntun untuk menjauh di angka 8-6 yang berlanjut menjadi 10-8.

Smes Fajar yang disusul penempatan akurat Rian membuat skor menjadi 11-9 untuk Fajar/Rian di interval gim penentuan.

Selepas interval, Fajar/Rian berusaha keras menjaga momentum. Mereka mampu meraih tiga poin tambahan dan memperlebar selisih poin di angka 14-9.

Pertunjukan defense spektakuler ditunjukkan Fajar/Rian saat meraih poin ke-15. Mereka jatuh bangun mengejar shuttlecock sampai akhirnya sukses melancarkan serangan balik. Skor 15-9 untuk Fajar/Rian.

Setelah sempat kehilangan dua poin. Fajar/Rian ampu menambah dua poin sehingga melaju di angka 17-11. Smes Fajar dan pukulan lawan yang keluar menjadi sumber torehan dua poin tersebut.

Serangan Fajar/Rian semakin solid. Fajar/Rian bisa memimpin 18-11 berkat kombinasi serangan yang apik.

Pukulan lurus Rian yang tak bisa diantisipasi lawan lalu menghasilkan poin ke-19. Match point didapat Fajar/Rian di angka 20-12 setelah pukulan lawan keluar.

Setelah gagal di kesempatan pertama, Fajar/Rian bisa mengunci gelar juara di kesempatan kedua. Fajar/Rian memenangkan gim penentuan dengan skor 21-13. [CNN]

Related posts