Sejarah Sabang Dalam Tarian Kolosal Akan Meriahkan SMF 2023

Sejarah Sabang Dalam Tarian Kolosal Akan Meriahkan SMF 2023. (IST)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pembukaan Sabang Marine Festival 2023 tinggal beberapa hari lagi, seratusan lebih penari terus dipersiapkan untuk memeriahkan perhelatan spektakuler Sabang Marine Festival.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, mengatakan pihaknya menghadirkan Koreografer Aceh ternama Yusri Dek Gam, yang merupakan pencipta tarian ratoh jaro, sekaligus Koreografer tari kolosal yang dibawakan 1.000 penari, di Istora Senayan pada tahun 2010 lalu.

“Insya Allah kita akan menghadirkan 100 penari pada pembukaan SMF 2023. Untuk hasil maksimal kita mintakan Dek Gam bersama Tim untuk melatih para penari tersebut,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Selasa (14/3) sore.

Pada kesempatan berbeda Koreografer sekaligus pelatih tari pembukaan Sabang Marine Festival 2023 Yusri Dek Gam menerangkan, drama tari kolosal ini mengangkat kisah tokoh-tokoh panglima laot di Aceh.

“Tarian kolosal kali ini kita konsep seperti drama, bagai mana Kota Sabang pertama kali. Berawal dari masa Penjajahan Yunani, sampai embarkasi haji dan Sabang masa kini. Kalau mau tau bagaimana kisahnya, mari sama-sama kita saksikan pada pembukaan SMF tanggal 17 sore,” ujar Dek Gam.

Tambahnya, seratusan lebih penari drama kolosal “Tuah Bak Jaro Panglima” dimaksud ditarikan 75 penari asal Sabang dan 45 penari dari Institut Seni Budaya Indonesia, Aceh.

Related posts