Ratusan Pengungsi Rohingya di Aceh Bakal Dipindah ke Pekanbaru

Rohingya yang mendarat di Abdya. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejumlah pengungsi Rohingya dari Aceh akan dipindahkan ke Pekanbaru.

Bahkan Pemerintah setempat sudah melakukan persiapan pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru dengan melakukan rapat dalam rencana pemindahan ini.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution,
rencananya sebanyak 152 pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke Pekanbaru pada bulan April 2023 ini. Pengungsi Rohingya tersebut bakal tinggal sementara di Kota Pekanbaru.

Pihaknya berencana melakukan rapat lanjutan terkait pemindahan para pengungsi tersebut. Mereka bakal membahas teknis pemindahan dan tempat penampungan.

“Rapat untuk berdiskusi kembali dengan pemerintah pusat. Kita akan membahas terkait teknis pemindahan para pengungsi,” kata Indra Pomi Nasution seperti dilansir laman iniriaucom, Selasa (28/3).

Menurutnya, saat ini persiapan tetap dilakukan dengan menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi selama berada di Pekanbaru. Pemindahan pengungsi nantinya diharapkan tidak menimbulkan permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Apalagi para pengungsi asal Rohingya punya potensi besar untuk kabur. Terbukti pada tahun 2022 silam puluhan pengungsi Rohingya melarikan diri dari akomodasi selepas pindah dari Aceh.

Awalnya jumlah pengungsi mencapai 119 orang, tapi saat ini hanya 64 orang yang berada di akomodasi khusus pengungsi di Pekanbaru.

Related posts