Cegah Tindak Pidana, YLBH Keadilan Aceh Tamiang Gelar Penyuluhan

Aceh Tamiang (KANALACEH.COM) – Dalam rangka pencegahan terjadinya tindak pidana dikalangan pelajar, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh (Kemenkumham Aceh) melalui Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Keadilan Aceh Tamiang, menggelar penyuluhan di beberapa sekolah tingkat SMA.

“Kegiatan ini merujuk pada Surat Kepala  Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, 14 Maret 2023 Nomor : PHN-5.04.05-02, perihal Penyelenggaraan BPHN Mengasuh”, kata Ketua YLBH Keadilan Aceh Tamiang, Chairul Azmi SH, Sabtu (08/04).

Hal ini, kata dia, perlu untuk dilaksanakan pemberian pemahaman hukum dan Pancasila sebagai upaya pencegahan  terjadinya tindak pidana kepada kalangan pelajar.

Kegiatan BPHN mengasuh ini mengusung tema “Mencegah Kenakalan dan Kriminalitas Anak dengan memahami Nilai Pancasila dalam kehidupan Sehari-hari’

Adapun tim Fungsional Penyuluh hukum dari YLBH Keadilan Aceh Tamiang yakni, Rahmad Syafrizal, SH yang merupakan anggota Komisi I DPRK Aceh Tamiang yang juga merupakan pendiri YLBH Keadilan Aceh Tamiang.

Kemudian, untuk pemateri kedua yakni Zakaria, yang merupakan advokat ternama dari YLBH Keadilan Aceh Tamiang.

“Kita sudah melakukan penyuluhan ke dua sekolah yakni, di SMA Negeri 2 Seruway dan SMA Negeri  2 Kejujuran Muda serta akan menyusul di beberapa sekolah tingkat SMA di Aceh Tamiang,” katanya.

Sementara itu, Humas SMA Negeri 1 Seruway, Ginem, mengatakan kegiatan ini penting untuk didengarkan oleh siswa dan siswi walaupun sebenarnya materi ini sudah ada pada mata pelajaran PPKN akan tapi materi ini penting untuk didalami melalui kegiatan BPHN Mengasuh.

Sebab dalam mata pelajaran minimnya waktu untuk mempelajarinya lebih luas, mungkin di kegiatan ini kita lebih mengetahui secara mendalam.

Terpisah, Kepa sekolah SMA Negeri 1 Kejuruan MudaMuhammad, menyampaikan, kegiatan BPHN mengasuh ini juga tidak kalah penting untuk diketahui oleh pelajar sebab tingginya angka kriminilitas yang dilakukan oleh anak dapat diketahui.

“Kita sangat apresiasi dengan YLBH Keadilan Aceh Tamiang dan mengucapkan terimakasih atas penyuluhan yang diberikan kepada anak-anak kami, semoga ini menjadi ladang ibadah di bulan yang penuh berkah,” katanya.

Related posts