Warung dan 2 Hektare Lahan Terbakar di Bukit Radar Gegara Bakar Sampah Tak Diawasi

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Warung di tempat rekreasi di Jalan Radar Blang Bintang-Krueng Raya (Bukit Tugu AURI), Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, terbakar siang tadi.

Akibat kebakaran ini, warung yang dimiliki oleh Aiyub (35) mengalami kerusakan berat, Rabu (12/7).

Kepala BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil mengatakan, kebakaran itu diduga bermula akibat pembakaran sampah tanpa pengawasan. Sehingga api merambah ke warung dan ilalang sekitar.

“Diduga kebakaran ini terjadi akibat pembakaran sampah tanpa pengawasan, cuaca panas dan terik yang membuat api dengan cepat menjalar ke warung yang terbuat dari kayu. Lokasi kejadian berada di pegunungan sehingga tidak ada sumber air yang dapat digunakan untuk penanganan awal oleh masyarakat,” kata Ridwan dalam keterangannya.

Mendapat informasi kebakaran itu, pihaknya langsung mengerahkan 4 armada kebakaran ke lokasi.

Begitu tiba di lokasi, petugas segera melakukan pemadaman lahan ilalang dan warung yang terdampak. Usaha pemadaman dan pendinginan baru berhasil diselesaikan pada pukul 13.50 WIB.

Petugas juga dibantu oleh personel TNI dari Koramil setempat, POLRI dari polsek setempat, dan masyarakat sekitar. “Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujarnya.

Kejadian kebakaran ini juga menimbulkan dampak berupa kerusakan berat pada warung dan lahan seluas 2 hektare di sekitarnya.

Ia berharap warga yang membakar sampah harus mengawasi api agar kejadian serupa tidak terjadi lagi ke depan.

“Hal ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah tanpa pengawasan agar menghindari kejadian serupa di masa mendatang,” katanya.

Related posts