Banyak Warga Aceh Diculik Oknum TNI, LPSK Minta Masyarakat Lapor

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo merespons informasi dari anggota Komisi III DPR Nasir Djamil yang menyebut ada banyak warga Aceh lain yang menjadi korban penculikan oknum TNI seperti Imam Masykur (25).

Hasto mengaku tidak mengetahui keberadaan orang-orang yang diduga menjadi korban penculikan dan penyiksaan tersebut saat ini. Jika ada informasi mengenai korban yang tidak berani bersuara tersebut, Hasto memastikan LPSK akan memberikan pendampingan.

“Kan kami tidak tahu semua ada di mana ya. Kalau ada masyarakat atau teman-teman media menginfokan kami, kami akan siap mendatangi para korban atau saksi yang memang memerlukan layanan perlindungan dari LPSK,” ujar Hasto saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Lalu, terkait kasus Imam Masykur yang tewas usai diculik dan dianiaya oleh oknum TNI, Hasto mengatakan LPSK akan berangkat ke Aceh bersama Komnas HAM. Nantinya, kata dia, Komnas HAM akan melaksanakan tugasnya dalam melakukan penyelidikan. Sementara, LPSK akan fokus pada memberi perlindungan kepada keluarga korban.

“Kita akan fokus kepada menghubungi keluarga korban, untuk secara proaktif menyampaikan bahwa LPSK siap memberikan perlindungan maupun memberikan bantuan, termasuk penilaian restitusi apabila keluarga korban menghendaki,” tutur dia.

Sejauh ini, Hasto menyebut keluarga Imam Masykur belum merespons LPSK ketika dihubungi. Maka dari itu, LPSK akan datang langsung ke Aceh.

“Kita sudah kontak. Tapi saya belum tahu sejauh mana, makanya kita akan segera ke sana,” imbuh Hasto.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Fraksi PKS Nasir Djamil mendapatkan informasi bahwa ternyata banyak orang yang menjadi korban penculikan oknum TNI yang baru-baru ini menculik dan menyiksa warga Aceh bernama Imam Masykur (25). Hanya saja, para korban ini tidak berani bersuara usai diculik. [kompas]

Related posts