Bides di Kuala Bate Enggan Tinggal Poskesdes

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Bidan desa di Gampong Kota Bahagia, kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya enggan menetap di Poskesdes yang telah disediakan oleh Gampong setempat. Jum’at (20-10-2023)

Keuchik Gampong Kota Bahagia Mustamsir mengatakan bidan desa tersebut hanya turun hanya bila ada kegiatan Posyandu ataupun kegiatan resmi. “Sehari-harinya dia tidak menempati posnya, kalaupun ada hanya setengah hari saja bahkan kadang kadang ada yang jam 10 pagi sudah tutup poskesdesnya. Katanya

Sebagai kepala Desa dia sudah sangat sering terima masukan dari masyarakat agar bidan itu harus standby yang siap kapanpun jika masyarakat memerlukan bantuan.

“Kami butuh Bidan yang tinggal di Desa ini, tidak tahu apa alasan bidan itu tidak tinggal dan melayani di Posnya. Padahal fasilitasnya bagus karena baru di rehap, pokoknya sangat layak untuk ditempati.

Dia berharap kepada kepala Dinas Kesehatan maupun Pukesmas di Kuala Bate agar serius menanggapi persoalan ini.

” kita mohonkan agar Kapus ataupun Kadis menegur bidan tersebut demi peningkatan pelayanan kesehatan,” pintanya.

Sementara itu kepala dinas Kesehatan Safliati, S.ST, M.Kes membenarkan bahwa bides tidak menetap disitu karena bidannya hanya sebagai tenaga kontrak.

” Sebenarnya Poskesdes disitu aktif apalagi itu Poskesdes plus. Seharusnya kepala pukesmas Kuala Bate mereka semua yang memonitoring Poskesdes yang ada diwilayah kerjanya”. Karena Pukesmas adalah perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan”. Sebutnya

Dia menyebutkan, para bidan desa selama ini sudah tidak layak lagi di Poskesdes karena ada yang sudah berbakti 15 sampai 20 tahun.

” Seharusnya ada P3K itu dibuka khusus untuk Desa. Jadi yang senior senior sudah boleh di tarik ke Puskesmas. Itu juga lebih mudah kita monitoring karena mereka ada terikat kontrak dengan kita”. (*)

Related posts