Pengungsi Rohingya di Pidie Bakal Dipindah ke Gayo Lues

Etnis Rohingya yang mendarat di Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Para etnis Rohingya yang terdampar di Kabupaten Pidie, segera dipindahkan ke Kabupaten Gayo Lues. Pemindahan ini karena adanya reaksi penolakan dari warga Pidie.

Jumlah pengungsi Rohingya di Pidie kini mencapai 890 orang yang tersebar di tiga titik. Para pengungsi Rohingya itu akan ditempatkan di wilayah jalan menuju Kampung Lesten, Kecamatan Pining atau 13 kilometer dari jalan provinsi yang menghubungkan Gayo Lues – Aceh Timur.

“Sesuai hasil rapat dengan Pemerintah Aceh, semua etnis Rohingya yang berada di Kabupaten Pidie akan dipindahkan ke Gayo Lues,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pidie, Muslim Yusuf, Rabu (13/12/2023).

Dipindahnya etnis Rohingya ini karena warga Muara Tiga dan Kecamatan Batee menolak keberadaan etnis Rohingya di desa mereka. Selain itu, kata dia pihak Bupati Gayo Lues sudah menyiapkan tempat untuk penampungan etnis Rohingya.

Data Dinas Sosial Kabupaten Pidie, Aceh menunjukkan pengungsi Rohingya di Camp Mina Raya Padang Tijie berjumlah 480 orang.

Kemudian, di Desa Kulam Kecamatan Batee berjumlah 220 orang dan di Desa Batee, Kecamatan Muara Tiga Laweung berjumlah 180 orang. Kedatangan etnis Rohingya di Kabupaten Pidie, sudah mencapai lima gelombang sejak Desember 2022 hingga 10 Desember 2023. (Inews)

Related posts