Puluhan Etnis Rohingya Mendarat Lagi di Aceh Timur

Rohingya di Aceh Timur.

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Sebanyak 50 orang etnis Rohingya kembali mendarat di Aceh, kali ini mereka memilih wilayah pesisir timur sebagai lokasi pendaratan yaitu di Desa Seunebok Baro, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur pada Kamis (14/12).

Kapolsek Darul Aman Iptu Syamsul Bahri membenarkan adanya pengungsi Rohingya itu mendarat di wilayah tersebut. Pihaknya mengetahui adanya pengungsi Rohingya saat warga menemukan 4 orang dari mereka berjalan kaki di desa tersebut.

“Setelah dilakukan introgasi terhadap 4 warga Rohingnya tadi, kami melakukan penyisiran, alhasil ditemukan 46 Rohingnya yang lain di seputar Gampong Sineubok Baro, selanjutnya mereka disatukan di TPI Pelabuhan Idi Cut,” kata Syamsul Bahri kepada wartawan.

Sambil menunggu proses lebih lanjut, ke 50 warga Rohingya ini menjalani pemeriksaan kesehatan dari petugas UPTD Puskesmas Darul Aman. Ke semua pengungsi Rohingya itu berjenis kelamin laki-laki.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Indonesia, Faisal Rahman bahwa pengungsi tersebut tiba pada Kamis dinihari. Saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Untuk detailnya saya belum bisa komentar, karena baru dapat informasi ada pengungsi saja di Aceh Timur yang di sampaikan Kesbangpol,” kata Faisal Rahman.

Related posts