Menerka Siapakah Jabat Pucuk Pimpinan Dewan Abdya

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Usai hari pencoblosan 14 Februari lalu dan masuk masa rekap suara, para calon legislatif (Caleg) dan tim sukses terus mengumpulkan suara dari saksi-saksi maupun relawan sambil menunggu hasil resmi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Jum’at (16-02-2024)

Disaat yang bersamaan, di media sosial sudah mulai keluar daftar nama-nama yang memperoleh kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya yang berjumlah 25 kursi.

Meski berubah-berubah ada sekitar 60 persen nama yang keluar itu sama, artinya dipastikan sekitar 60 persen nama yang dirilis media sosial itu benar.

Bukan itu saja sejumlah Caleg dan tim sukses melalui akun pribadinya sudah menyatakan lolos ke DPRK dan ada petahana yang mengucapkan selamat kepada pendukungnya atas keberhasilan duduk kembali di dewan untuk lima tahun kedepan.

Dari data yang diterima media ini diperkirakan ada sejumlah partai politik yang berhasil meraih kursi disetiap daerah pemilihan (Dapil).

Di Abdya sendiri ada tiga Dapil, artinya ada beberapa partai politik yang berhasil mendapat tiga kursi dewan.

Dari 25 kursi DPRK Abdya tersebar di tiga Dapil, yakni Dapil 1 Balngpidie, Susoh dan Jumpa 10 kursi, Dapil II Kecamatan Manggeng, Tangan-Tangan, Lembah Sabil dan Kecamatan Setia 8 kursi, Dapil III Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot 7 kursi.

Sebut saja Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Aceh, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai NasDem.

Data ini banyak muncul di sejumlah media sosial sejak hari perhitungan suara hingga Jumat 16 Februari 2024.

Pertanyaan kita siapakah yang memegang pucuk pimpinan DPRK Abdya untuk periode 2024-2029 mendatang. Apakah masih dilanjutkan oleh Partai Demokrat atau berganti partai lain.

Dari data yang dikumpulkan Partai Demokrat yang sekarang memimpin dewan Abdya masuk daftar tiga kursi dewan, artinya partai tersebut berpeluang besar menduduki jabatan ketua.

Namun apakah ini bisa bertukar, dari data yang ada dipastikan bisa karena ada sejumlah partai yang juga meraih tiga kursi seperti Partai Gerindra, Partai Golkar, PA, PKB dan lainnya.

Dipastikan sejumlah partai itu selain berpeluang mendapat pimpinan dewan juga bisa sebagai wakil ketua dewan kedepan.

Namun dari sejumlah partai itu Partai Gerindra berpeluang dengan data yang ada sekarang ini, apalagi Caleg Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) merajai perolehan suara di Kabupaten Abdya.

Ada informasi Partai Gerindra disebut sebut bisa meraih dua kursi di Dapil Blangpidie, Susoh dan Jumpa.
Meskipun demikian harus merujuk kepada hasil perhitungan suara dan pleno KIP Abdya nantinya. Kita tunggu saja.(*)

Related posts