Gandeng Distampan TP-PKK Abdya Galakkan Gerakan Tanam Cabai Tekan Inflasi

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh Barat Daya (Abdya) galakkan gerakan tanam cabai. Selasa (05/03)

Penanam cabai tersebut dilakukan di belakang kantor PKK di Gampong Kuta Tuha. Selasa (05/03). Dalam kegiatan tersebut TP-PKK juga menggandeng Dinas Pertanian dan Pangan.

Ketua TP-PKK Abdya Hj Zulhijjah Darmansah mengatakan, program tersebut diluncurkan sebagai salah satu rangkaian dari Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 tahun.

Menurutnya, gerakan tanam cabai ini diselenggarakan secara serentak oleh TP-PKK Pusat, diikuti TP-PKK Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dengan tema ‘Bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia Maju’.

Dia mengatakan, untuk benih dan bibit cabai tersebut disediakan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Pangan Abdya.

“ Cabai merupakan salah satu komoditi yang turut menyumbang angka inflasi,” katanya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap inflasi dapat teratasi, bahkan tidak hanya kegiatan menanam saja yang akan dilakukan bersama. Pada saatnya nanti saat musim panen tiba akan dilaksanakan pula panen bareng.

“Sehingga bukan hanya kegiatan bercocok tanamnya saja yang terpublikasikan, tetapi nanti setelah 3 bulan dari masa tanam, kita juga akan lakukan panen bersama. Agar masyarakat mengetahui bahwa memang cabai yang kita tanam ini tumbuh berkembang dan bisa dipanen,” sebutnya.

Sementara itu kepala dinas Pertanian dan Pangan melalui kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Safri Maswandi menyebutkan, program PKK Abdya menekan inflasi.

” Karena cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun”.

“Diharapkan melalui Gerakan Menanam Cabai dapat memenuhi Kebutuhan akan Cabai di Keluarga serta dapat memanfaatkan lahan kosong agar dapat berproduksi,” pungkasnya. (*)

Related posts