Perkuat Kerjasama Ekonomi, Presiden Jokowi Kunjungi AS

Presiden Joko Widodo. foto setkab go.id

Jakarta (KANALACEH.COM) : Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah pejabat Pemerintah pada Sabtu (24/10) malam hingga Kamis (29/10) mendatang akan berkunjung ke Amerika Serikat (AS) untuk kunjungan kenegaraan.

“Fokus beliau ke Amerika itu adalah bagaimana meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara. Itu penting tidak hanya untuk kepentingan Amerika, tapi juga Indonesia. Kedua, akan membicarakan isu-isu lingkungan, isu-isu keamanan,” kata Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, di kawasan Istana Kepresiden, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang akan ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan itu mengatakan, agenda utama Presiden Jokowi adalah bertemu para petinggi perusahaan teknologi informasi di Silicon Valley. “Salah satu agenda kunjungan kenegaraan itu adalah bertukar pikiran dan belajar mengenai pembinaan startup dan e-commerce,” kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, kunjungan Presiden ini akan menjalin kerja sama lebih lanjut dibidaang e-commerce, serta bertukar informasi tentang sistem pendanaan, logistik, hingga proteksi konsumen pada startup.

Dalam kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi telah dijadwalkan agenda kunjungan ke Silicon Valley, kawasan berkumpulnya perusahaan teknologi raksasa di California.

Jokowi juga diagendakan berkunjung ke kantor pusat Apple di Cupertino, California. Presiden Jokowi juga akan makan malam bersama CEO Apple Tim Cook, juga akan dibahas rencana Apple untuk berinvestasi membeli timah dari Indonesia.

Selain itu, Presiden juga berencana berbicara dengan bos Google, Facebook, dan Microsoft. Bersama Google, Presiden ingin mendiskusikan distribusi akses internet ke daerah terpencil, seperti Papua. Sedangkan dengan Facebook dan Microsoft, Presiden ingin bekerja sama untuk mewujudkan pendidikan teknologi yang mumpuni di universitas-universitas Indonesia. []

Sumber: setkab.go.id

Related posts