Peduli Asap, Inong Aceh Bagikan 2000 Masker

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Mencegah terjadinya infeksi saluran pernafasan (Ispa) akibat kabut asap, aktivis Inong Aceh membagi-bagikan 2000 masker secara gratis kepada masyarakat Kota Banda Aceh. Aksi ini dilakukan di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (26/10/2015) sekitar pukul 12.00 Wib.

Koordinator Aktivis Inong Aceh, Cut Asmaul Husna mengatakan, pembagian masker gratis juga sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana asap yang menyelimuti hampir seluruh provinsi di Sumatera.

“Ini juga sindiran bagi pemerintah kita sebenarnya, supaya cepat-cepat mengatasi persoalan kabut asap yang dampaknya tak hanya dirasakan oleh provinsi yang terkena musibah,” kata Husna didampingi Koordinator Lapangan, Ratna Rahmatan.

Kabut asap mulai kembali melanda beberapa kabupaten/kota di Aceh sejak satu hari terakhir. Data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Banda Aceh hari ini sudah 3 kilometer. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan kemarin hanya 500 meter.

Sedangkan jarak pandang di Lhokseumawe hari ini yaitu 2 kilometer, sudah lebih baik dibandingkan kemarin hanya 200 meter.

“Di Aceh Timur informasi yang kita terima juga dilanda kabut asap tebal. Masyarakat di sana mulai mengalami sesak nafas. Warga juga mengeluh mata pedih saat keluar rumah,” ujar Husna.

Pantauan kanalaceh.com, kabut asap di Banda Aceh hari ini sedikit berkurang setelah ibu kota provinsi Aceh ini diguyur hujan lebat sejak sore kemarin.[AL]

Related posts