27 karya lukis Essex di Pamerkan

Banda Aceh (KANAL ACEH.COM) – Razuardi Ibrahim, atau dikalangan seniman dikenal luas dengan nama Essex, menggelar pameran tunggal di rumah budaya Banda Aceh. Dalam pameran yang akan berlangsung hingga 29 Desember 2015 mendatang, Essex menampilkan 27 lukisan yang Ia kerjakan sendiri selama dua tahun, yakni sejak 2014-2015.

Kepada Kanal Aceh, Sabtu (26/12) di Banda Aceh, Essex yang juga saat ini menjabat sebagai Sekretaris daerah (Sekda) Aceh Tamiang menerangkan, keseluruhan lukisan yang Ia tampilkan pada pemeran ini adalah tokoh-tokoh dunia yang telah memberikan warna dan kontribusi besar bagi perubahan tatanan global.

Dengan tema, pameran dan kritik karya rupa, Essex melukis sejumlah tokoh dunia, diantaranya Hitle, Mussolini, Sukarno, Merlyn Monroe, dan juga tokoh lainnya.

Menurutnya, pagelaran pameran ini, sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh dunia, yang secara langsung telah memberikan sumbangsih pada peradaban manusia, dan kegiatan ini juga sekaligus untuk merangsang pelukis-pelukis lainnya di Aceh untuk berani tampil menuangkan bakat dan seni mereka.

Di Aceh, kata Razuardi, sebenarnya sangat banyak pelukis yang memiliki kemampuan mumpuni, namun banyak karya mereka yang tidak muncul kepermukaan, salah satu penyebabnya karena minimnya kegiatan-kegiatan yang secara langsung menampilkan karya-karya mereka.

Untuk itu, kata Essex, perlu digelar kegiatan-kegiatan seperti ini, agar setiap pelaku seni berani tampil, dan mengekspresikan karya mereka agar masyarakat dapat mengetahuinya. [Saky]

Related posts