Konversi Bank Aceh ke Syariah Dinilai Penting

Konversi Bank Aceh ke Syariah Dinilai Penting
Workshop Kesiapan Bank Aceh Menuju Konversi Ke Syariah di hotel 88 The Atjeh, Banda Aceh, Rabu (20/1) (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (Kanal Aceh) – Konsultan Konversi Bank Aceh ke Syariah, Adiwarman Karim menjelaskan betapa pentingnya melakukan pengalihan atau konversi sistem Bank Aceh konvensional menuju sistem Syariah.

“Di dalam Islam sesuai ayat dan hadits juga disebut tentang bertransaksi keuangan secara syar’i,” katanya saat mengisi Workshop Kesiapan Bank Aceh Menuju Konversi Ke Syariah di hotel 88 The Atjeh, Banda Aceh, Rabu (20/1).

Direktur Syariah dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bank Aceh, Haizir Sulaiman menjelaskan bank syariah menerapkan hukum sesuai hukum Islam. Prosesnya sesuai dengan syariah compliant atau ekonomi syariah.


Berita terkait:

Dua Tahapan Konversi Bank Aceh ke Syariah

Konversi Bank Aceh ke syariah tuntas Agustus 2016


“Perjanjian antara bank dengan nasabah dilakukan dalam beberapa bentuk akad, sesuai dengan jenis transaksinya. Dalam syariah prosesnya sesuai ekonomi syariah,” kata Haizir.

Kepala kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Ahmad Wijaya mengatakan prinsip yang diterapkan oleh perbankan syariah dalam ekonomi Islam menggunakan sistem bagi hasil.

“Jika menggunakan sistem bagi hasil akan menciptakan posisi yang berimbang antara bank dan nasabahnya,” ujarnya. (Aidil Saputra)

Related posts