Deah Raya Ditetapkan Sebagai Pilot Proyek Gampong KB

Deah Raya Ditetapkan Sebagai Pilot Proyek Gampong KB
Kampung KB (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh ditetapkan sebagai pilot proyek program Gampong Madani Kencana atau Gampong Keluarga Berencana (KB).

Peluncuran program tersebut diresmikan oleh Sekretaris Daerah (Setda) Aceh, Dermawan di Gampong Derah Raya, Banda Aceh, Selasa (26/1).

Setda Aceh, Dermawan mengatakan penetapan Deah Raya sebagai pilot proyek Gampong KB merupakan pelaksanaan dari program nasional Kampung KB yang dicanangkan Pemerintah Pusat untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk yang dimulai dari gampong.

“Untuk Aceh, Gampong Deah Raya yang jadi pilot proyeknya. Dan seterusnya program ini akan dilaksanakan di tiap-tiap Kabupaten/Kota di Aceh,” ujarnya.

Sebagai pilot proyek, kata Dermawan, Gampong Deah Raya akan mengembangkan program-program kependudukan dan kesehatan yang dilaksanakan bersama-sama secara lintas sektoral oleh Pemerintah Aceh dan juga masyarakat setempat untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Program-program tersebut kita harap mampu mendorong hidup warga gampong ini menjadi lebih baik sehingga kita bisa membangun keluarga harmonis dan sejahtera, dengan sistem pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di masa depan,” kata Dermawan.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengusulkan Gampong Madani Kencana sebagai nama dari program Gampong KB yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

“Nama Gampong Madani Kencana akan menjadi trending tersendiri untuk Aceh dan menjadi penyemangat serta motivasi khusus bagi seluruh keluarga dan aparatur gampong di Aceh,” jelas Zainal Arifin.

Program tersebut menurutnya merupakan salah satu langkah untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, mengendalikan kualitas dan kuantitas penduduk serta mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera.

“Kami yakin keberhasilan program ini nantinya akan menjadi pondasi bagi pembangunan yang merata dan terarah di setiap daerah” tutur Zainal. [Sammy/rel]

Related posts