Pertamina bantu petani budidaya kepiting di Aceh

  • Whatsapp
Pertamina bantu petani budidaya kepiting di Aceh
Ilustrasi budidaya kepiting (Merdeka)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – PT Pertamina (Persero) Wilayah Sumbagut membina kelompok petani tambak budidaya kepiting lunak di kawasan Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Bantuan pembinaan ini merupakan bagian dari program kemitraan dan bina lingkungan milik PT Pertamina,” kata Menejer Komunikasi dan Humas Sumbagut PT Pertamina, Fitri Erika di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyebutkan bantuan pembinaan yang disalurkan sekitar Rp320 juta pada tahun 2015 itu tersebut untuk budidaya kepiting lunak yang dilaksanakan secara kelompok.

“Kita terus melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkelanjutan sehingga program ini dapat berjalan secara berkelanjutan,” katanya.

Fitri juga mengatakan untuk mengoptimalkan program tersebut pihaknya juga bersinergi dengan instansi tarkait guna mengoptimalkan program budidaya kepiting lunak yang dibantu perusahaan plat merah tersebut.

Nurman bendahara kelompok  bina usaha soka memberikan apresiasi terhadap bantuan bina lingkungan yang disalurkan oleh perusahaan plat merah tersebut.

“Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini, sebab dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban kami untuk memenuhi peralatan yang memadai seperti sangkar penangkaran kepiting lunak,” katanya.

Nurman mengatakan harga kepiting lunak dari hasil penangkaran yang dilakukan tersebut di jual di pasaran Rp60 dengan sasaran pemasaran di wilayah Banda Aceh dan Medan.

Ada pun untuk bibit kepiting yang akan dibidudaya tersebut diantaranya didatangkan dari Aceh Timur, Pidie dan Aceh Barat dengan harga bibit Rp26-Rp30 ribu/kilogram. | antaranews.com

Related posts