Illiza: tahun depan, Banda Aceh akan terapkan kawasan bebas rokok

Illiza: tahun depan, Banda Aceh akan terapkan kawasan bebas rokok
Illiza S'aduddin Djamal saat memberikan sambutannya dalam acara pelantikan Ikamba di aula lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh, Jumat (25/3) malam. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal menyatakan mulai tahun depan, Kota Banda Aceh akan menerapkan kawasan bebas asap rokok.

“Kami ingin menerapkan Banda Aceh tidak merokok, dan sudah berkomitmen mulai tahun depan,” kata Illiza dalam sambutannya sesuai melantik pengurus baru Ikatan Mahasiswa Kota Banda Aceh (Ikamba) periode 2016-2018 di aula lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh, Jumat (25/3) malam.

Menurutnya, perilaku merokok itu adalah sebuah penyakit yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari bagi perokok itu sendiri.

“Karena banyak yang merokok menganggu, dalam ruangan rapat misalnya, bentar-bentar izin untuk keluar hanya untuk merokok,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, kebanyakan para perokok merupakan para pemuda yang dinilai memberikan dampak negatif bagi generasi mendatang. “Banyak mahasiswa yang saya lihat itu perokok,” sebut Illiza.

Karena itu, ia berharap generasi masa depan Aceh tak lagi merokok dan menjadi orang yang pintar dan berintelektual.
“Bukan pintar saja yang harus dimiliki, tetapi harus berintelektualitas. Beda pintar dengan intelek,” ujarnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts