Ratusan turis Kapal MS Artania singgahi Sabang

Sabang jadi Magnet kunjungan kapal Pesiar Dunia
Kapal Pesiar MS Artania saat tiba di Sabang, Aceh, Kamis (7/4). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal pesiar (cruise) MS. Artania berbendera Bermuda menyinggahi Sabang selama 8 jam di Pelabuhan CT 3 Badan Pengusahaan Kawasan Bebas Sabang (BPKS) di Gampong Kuta Timur, Sukakarya, Kota Sabang, Kamis (7/4).

Kapal yang dinahkodai oleh Capt Hasen Morten Arne itu, tiba di Sabang sekira pukul 10.00 WIB, setelah menempuh pelayaran dari Langkawi, Malaysia.

Kapal yang mengangkut sebanyak 792 penumpang dan 517 anak buah kapal (ABK), disambut oleh Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal bersama unsur lainya seperti Kapolres Sabang, AKBP Nurmeininggsih, Dinas Pariwisata Provinsi yang diwakili oleh Amiruddin dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati.

Penyambutan tersebut ditandai dengan penampilan tari adat Aceh Tengah, yakni Guel dan pengalungan bunga kepada Nahkoda Kapal Capt Hasen Morten Arne dilakukan oleh Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal sekaligus menyerahkan cendera mata kepada pihak kapal.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal mengatakan, BPKS serius mengembangankan pariwisata Sabang, salah satunya dengan membuat master plan Pariwisata yang melibatkan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Kita sudah MoU dengan ITB, mudah-mudahan dengan adanya master plant pariwisata Sabang, pengembangan pariwisata Sabang akan lebih terarah dengan begitu Sabang akan siap menjadi destinasi wisata dunia,” katanya.

Selain itu, untuk memajukan pariwisata khususnya wisata cruise, BPKS dalam tahun ini akan melakukan kerja sama dengan operator-operator cruise dunia yang berada di Malaysia, Singapura dan negara lainya.

“Tahun ini kita akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada operator untuk melakukan promosi wisata cruise dunia,” kata Irwan Faisal.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah, mengatakan kapal tersebut memiliki panjang 230.62 meter dengan bobot 44.456 GT (Gross Tonage).

“Ini merupakan kali kedua kapal ini singgah ke Kota Sabang. Sebelumnya MS Artania singgah ke Kota Sabang pada tahun 2014 silam,” katanya.

Menurutnya, dengan kunjungan Artania ke Kota Sabang, tercatat bahwa kunjungan wisatawan cruise ini hampir menembus angka 4000 orang.

Di mana, hingga Rabu (6/4), tercatat kunjungan wisatawan asing yang datang melalui cruise telah mencapai 3902 orang.

Terkait jumlah tersebut, BPKS, optimis bahwa Sabang bakal menjadi ‘magnet’ kapal-kapal cruise dunia.

Sikap optimis BPKS cukup beralasan, di mana volume kunjungan cruise ke Sabang, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Misalnya saja, sepanjang Januari 2016, setidaknya ada 6 cruise yang singgah ke Sabang.

“Di Januari ada Silver Shadow, Seven Seas Voyager (dua kali), dan Hamburg (dua Kali). Hari ini, MS Artania mengunjungi Sabang. Hingga April sebenarnya ada enam, tetapi satu kapal pada bulan Februari, yakni Silver Shadow batal masuk karena buruknya cuaca perairan,” jelas Zulkarnaini.

Dengan melihat rentetan kunjungan cruise ke kota sabang ini, dirinya berharap kota Sabang dapat menjadi primadona bagi cruise dunia. [Diki Arjuna]

Related posts