Pemerintah gratiskan ongkos Trans Kutaraja selama setahun

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah bersama Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda dan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal menumpangi bus Trans Kutaraja dalam ujicoba di Banda Aceh, Rabu (13/4). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan seluruh masyarakat Aceh dapat menikmati fasilitas Trans Kutaraja di Banda Aceh secara gratis. “Untuk tahun pertama kita akan gratiskan,” ujar Zaini saat meninjau busway di Terminal Batoh, Rabu (13/4).

Ia mengatakan, pemerintah akan berupaya untuk memaksimalkan pelayanan menggunakan Trans Kutaraja untuk memudahkan akses ke beberapa halte, termasuk mensterilkan jalur dari parkir yang tidak beraturan. “Kita akan bekerja sama untuk menertibkan, sehingga perjalanan bisa lancar.”

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Jamal menyatakan seluruh armada Trans Kutaraja yang totalnya 25 unit akan segera beroperasi setelah melalui proses ujicoba. “Kita akan rapatkan nantinya, apa kendala di lapangan. Setelah itu akan langsung kita operasikan,” ujarnya.

Meski pun digratiskan selama setahun, Illiza meyakini beroperasinya Trans Kutaraja tidak akan menyingkirkan angkutan umum lainnya seperti labi-labi. Trans Kutaraja, kata Illiza, hanya berhenti pada halte khusus, sehingga penumpang yang tinggal atau menuju ke tempat yang tidak tersedia halte Trans Kutaraja tetap akan naik labi-labi.

“Labi-labi jalurnya bebas, sedangkan busway hanya satu arah dan pemberhentian husus di halte. Jadinya tempat yang tidak terjangkau Trans Kutaraja pasti tetap menggunakan labi-labi,” kata Illiza.

Pemerintah provinsi dan Kota Banda Aceh juga akan bekerja sama dengan kampus Unsyiah dan UIN Ar-Raniry. Pihak kampus akan menyediakan lokasi halte, sehingga Trans Kutaraja dapat melewati kampus, dan mengangkut penumpang mahasiswa. [Sammy/rel]

Related posts