15 orang ditangkap terkait bom bunuh diri di dekat masjid Turki

Bom bunuh diri di Bursa. (AFP)

Ankara (KANALACEH.COM) – Otoritas Turki telah menangkap 15 orang atas serangan bom bunuh diri di dekat masjid utama di kota Bursa. Serangan bom pada Rabu (27/4) sore waktu setempat itu menewaskan 1 orang dan melukai 20 orang lainnya.

Mereka yang ditangkap itu dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi terkait serangan bom bunuh diri di Bursa.

“Ada tanda kuat sebuah organisasi…. Ada temuan-temuan. Begitu organisasi tersebut dipastikan, saya akan menjelaskan, 15 orang sekarang dalam penahanan,” ujar Menteri Dalam Negeri Turki Efkan Ala kepada para wartawan di Ankara seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Kamis (28/4).

Berbagai foto dari lokasi kejadian, seperti dilansir Reuters, Kamis (28/4), menampilkan potongan tubuh manusia yang diduga pelaku bom bunuh diri. Jasad pelaku itu tergeletak di sebelah masjid dan diyakini berjenis kelamin perempuan.

Kantor gubernur setempat menyatakan, wanita yang menjadi pelaku bom meledakkan diri pada Rabu (27/4) sekitar pukul 17.26 waktu setempat, di dekat pintu masuk sebelah barat Masjid Besar Bursa.

Belum ada kelompok maupun pihak tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini. “Serangan ini dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri. Pelakunya seorang wanita,” terang pejabat senior pemerintahan Turki yang enggan disebut namanya, kepada Reuters.

Menteri Kesehatan Turki Mehmet Muezzinoglu menyatakan, pelaku bom bunuh diri diidentifikasi sebagai wanita muda yang berusia sekitar 25 tahun. “Identitas rinci pengebom akan diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri,” sebutnya.

Serangan bom di Bursa ini terjadi selang sehari setelah peringatan yang dirilis otoritas Amerika Serikat (AS) terhadap warganya di Turki. AS mengingatkan seluruh warganya di Turki untuk mewaspadai ancaman teroris di kawasan-kawasan wisata negara tersebut.

Bursa merupakan kota terbesar keempat di Turki, yang juga dikenal sebagai pusat industri di sepanjang Laut Marmara. Meskipun tidak menjadi tujuan wisata utama, Bursa cukup menarik perhatian banyak turis asing karena arsitektur kota bergaya era Ottoman. [Detik]

Related posts