Hasan Tiro salah seorang motor penggerak PII di Aceh

Koferensi Wilayah PII Aceh ke-28, yang dirangkai dengan Peringatan Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia ke-69, di Anjong Mon Mata, Rabu, (4/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Zaini juga mengungkapkan, pembinaan dan pengkaderan Pelajar Islam Indonesia (PII) telah melahirkan sejumlah alumni yang saat ini menjadi tokoh di tingkat nasional, bahkan lintas sektor.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi Koferensi Wilayah PII Aceh ke-28, yang dirangkai dengan Peringatan Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia ke-69, di Anjong Mon Mata, Rabu, (4/5).

“Bapak Sofyan Djalil yang sekarang menjabat sebagai Menteri Perekonomian dalam Kabinet kerja Pemerintah Indonesia adalah alumni PII Aceh. Malah kalau kita tarik lagi ke belakang, Wali Nanggroe Teungku Muhammad Hasan di Tiro, juga pernah berperan sebagai salah satu motor gerakan PII di Aceh. Ini menunjukkan besarnya pengaruh tempaan PII kepada kadernya. Maka, tidak berlebihan jika saya katakan bahwa PII termasuk motor lahirnya kepemimpinan kaum muda di Indonesia,” ungkap Zaini.

Ia menambahkan, memasuki usia ke-69 tahun, kontribusi PII dalam melahirkan kader-kader pemimpin tidak pernah surut. Sistem pengkaderan di dalam organisasi ini tetap berkembang meski perubahan demi perubahan terus berlangsung di negeri ini. Oleh karena itu, peran PII sangat penting mengingat Aceh adalah salah satu basis terkuat dalam sistem pengkaderan PII di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini juga meminta agar kader-kader PII berpartisipasi aktif dalam sejumlah agenda pembangunan Aceh yang saat ini gencar dilakukan. PII harus mendorong agar proses pembangunan di Aceh berjalan efektif dan tetap di jalurnya.

“Untuk menjalankan tugas ini, penting bagi PII Aceh melakukan refleksi dan evaluasi terhadap langkah-langkah yang telah dan akan dijalankan ke depan. PII perlu menyusun agenda dan prioritas kerja agar organisasi ini dapat terus membumi di Aceh.”

Saat ini, kader PII seluruh Indonesia mencapai lebih dari 4 juta orang. Bersamaan dengan kegiatan ini, di seluruh Indonesia juga digelar peringatan Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia. [Sammy/rel]

Related posts