Dandim 0106 dukung penghijauan di Aceh Tengah

Kegiatan penghijauan di Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Aceh tengah, Rabu (4/5). (Ist)
--Ads--
loading...

Takengon (KANALACEH.COM) – Dandim 0106/Aceh Tengah-Bener Meriah, Letkol Arm Ferry Ismail bersama anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Takengon melakukan kegiatan penghijauan di Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Aceh tengah, Rabu (4/5).

Kegiatan penghijauan ini dilakukan di lahan milik warga Kampung Pepalang, Kecamatan Pegasing, Mahyudin Aman Rusdy seluas 2 hektare yang diperuntukkan untuk penghijauan, yang sebelumnya sudah dihijaukan seluas 12 hektare.

Bupati Aceh Tengah, Nassarudin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penghijauan ini dinilai dapat mencegah dan mengurangi terjadinya bencana seperti erosi dan banjir serta memberikan oksigen yang cukup dan bersih.

Ads

“Menanam pohon sama seperti membuat bak, karena pohon ini dapat menyimpan air hujan dan akan melepaskannya sedikit-sedikit di saat musim kemarau, maka hari ini kita minta kepada masyarakat bukan hanya penghijauan, tapi juga tak melakukan pembakaran,” kata Nassarudin.

Dandim Aceh Tengah 0106/AT-BM, Letkol Arm Ferry Ismail, menyatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini, karena dianggap dapat mengurangi terjadinya perubahan iklim dan bencana alam.

“Tentu saja seluruh unsur masyarakat Aceh Tengah dan dari Kodim menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan HMI. Karena jika kita lihat tahun yang lalu ini banyak sekali terjadi longsor di kabupaten Aceh Tengah bahkan di hampir seluruh wilayah di Aceh Tengah,” ujarnya.

Ketua panitia, Feri Yanto menyebutkan penghijauan ini dilakukan bersama personel TNI dari Kodim 0106 AT/BM dan Polres Aceh Tengah, ormas, OKP dan pelajar dari SMA dengan menanam tiga jenis bibit pohon, yaitu alpukat, jabon dan sengon.

“Kami berharap nantinya kegiatan penghijauan ini terus berlanjut dan dilakukan secara massif di masyarakat, sehingga persoalan yang selama ini terjadi seperti perubahan iklim, longsor dan banjir bandang di Aceh Tengah dapat diminimalisir,” kata Feri Yanto. [Sammy/rel]