Gubernur ajak masyarakat cegah penyakit Thalassemia di Aceh

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat mencanangkan kampanye Thalassemia di Anjong Mon Mata, Minggu (8/5). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengajak masyarakat untuk melakukan tindak pencegahan penyakit Thalassemia yang sudah menyebar hampir di seluruh kawasan Aceh.

Pernyataan ini disampaikan Zaini Abdullah saat memberikan sambutan pada acara Pencanangan Thalassemia Campaign pada Peringatan Hari Thalassemia Internasional 2016 di Anjong Mon Mata, Minggu (8/5).

Saat ini, jumlah penderita Thalassemia di Aceh pada 2013 sebanyak 180 orang, dan pada 2014 bertambah menjadi 255 orang.

“Jika tidak ditangani sejak dini, dari tahun ke tahun jumlah penderita penyakit ini dapat terus bertambah,” ujar Zaini.

Ia menambahkan bahwa pihaknya belum mengetahui informasi terbaru tentang pola penanganan yang efektif.

“Semoga para ahli kesehatan di tanah air dapat menemukan cara yang lebih efektif untuk menangani penyakit ini,” ujarnya.

Maka dari itu, tambah Zaini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah mencegah agar tidak ada lagi anak-anak Aceh yang dilahirkan sebagai penderita Thalassemia.

“Salah satunya adalah mendorong masyarakat agar paham dan mengerti tentang penyakit ini,” imbuh Zaini.

Lanjutnya, Pemerintah Aceh mendukung langkah dan kegiatan yang dilakukan Komunitas Darah untuk Aceh dan Perhimpunan Orangtua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) Aceh dalam Pencanangan Thalassemia Campaign.

“Pemerintah Aceh melalui program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA)-JKN akan tetap memberikan fasilitasi kepada masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan, termasuk bagi mereka yang menderita thalassemia,” ungkap Zaini. [Aidil Saputra]

Related posts