Persaudaraan Barat Selatan Aceh dideklarasikan

Sekitar dua puluhan masyarakat mendeklarasikan Persaudaraan Barat Selatan Aceh di Rumoh Cut Nyak Dhien, Rabu (18/5). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekitar dua puluhan masyarakat dari delapan kabupaten/kota di Aceh mendeklarasikan Persaudaraan Barat Selatan Aceh di Rumoh Adat Cut Nyak Dhien, Lampisang, Aceh Besar, Rabu (18/5).

Delapan kabupaten/kota yang dimaksud yaitu Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Simeulue.

Deklarasi yang dimulai sekitar pukul 17.15 WIB ini dibentuk sebagai wadah agar terwujudnya masyarakat barat selatan Aceh yang bermartabat.

Hadir beberapa tokoh masyarakat dan juga tiga bakal calon (balon) bupati/walikota, masing-masing balon Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, balon Bupati Nagan Raya, Nurchalis, dan balon Bupati Aceh Singkil, Samsul.

Aminullah Usman mengatakan, deklarasi ini bisa menjadi awal yang baik untuk kemaslahatan umat dan pembangunan untuk wilayah barat selatan yang lebih baik.

“Deklarasi ini jangan sekadar persaudaraan saja, tetapi bisa menjadi solidaritas,” kata Aminullah yang merupakan putra Aceh Barat.

Sementara balon Bupati Nagan Raya  yang juga Kepala Biro Pembangunan Setda Aceh, Nurchalis dalam sambutannya mengatakan setelah deklarasi ini dapat mengajak tokoh-tokoh dari Barat Selatan Aceh yang berada di manapun untuk bergabung.

“Kemudian kita susun Rencana Kerja (Renja) apa yang harus dibuat ke depan. Saya juga mengapresiasi atas deklarasi ini,” kata Nurchalis.

Hal senada disampaikan balon Bupati Aceh Singkil, Samsul yang mengatakan dengan bersatunya masyarakat Barat Selatan Aceh maka apa yang diharapkan dinilai akan lebih cepat terwujud. [Aidil Saputra]

Related posts