Pendaftaran SBMPTN ditutup Jumat malam

Logo Unsyiah. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 akan ditutup hari ini, Jumat (20/5) pukul 22.00 WIB. Sebanyak 35 persen mahasiswa baru Unsyiah tahun ini akan diterima melalui jalur SBMPTN.

Kepala Humas SBMPTN Unsyiah, Ilham Maulana menyebutkan bahwa hingga Kamis (19/5) kemarin, pendaftar SBMPTN Unsyiah mencapai 13.246 orang.

“4.432 orang di antaranya merupakan pemilih kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), 3.510 orang pemilih kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), serta sisanya merupakan pemilih campuran,” sebutnya.

Untuk peserta SBMPTN yang memilih program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), serta Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik), masih harus mengikuti ujian keterampilan pada tanggal 1-2 Juni 2016.

“Sementara ujian tulis akan berlangsung pada Selasa (31/5) bertepatan dengan hari pengarahan umum peserta yang lulus melalui jalur SNMPTN,” jelas Ilham.

Untuk pengumuman SBMPTN, lanjut Ilham, akan diumumkan pada 28 Juni 2016 mendatang.

Sebagaimana diketahui, 1.990 orang peserta dinyatakan lulus ke Unsyiah melalui jalur SNMPTN. Namun sejauh ini baru 1.405 orang dinyatakan lulus verifikasi. Hasil verifikasi akhir masih akan diumumkan pada hari ini di www.unsyiah.ac.id.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, sambungnya, Unsyiah juga menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang diselenggarakan serentak bersama beberapa perguruan tinggi di wilayah barat Indonesia.

“Ujian mandiri yang disebut Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) ini sudah dibuka pendaftarannya sejak tanggal 16 Mei 2016 dan berakhir pada 22 Juli 2016. Ujian tulis UMB-PT ini baru dilakukan pada 31 Juli 2016,” imbuhnya. [Aidil Saputra]

Related posts