PFI Aceh gelar pelatihan foto jurnalistik kebencanaan

Pelatihan fotografi jurnalistik kebencanaan yang diadakan oleh PFI Aceh di Media Center Kodam IM, Banda Aceh, Sabtu (28/5). (Kanal Aceh/Aidil Saputra)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pewarta Foto Indonesia Aceh (PFI Aceh) menggelar pelatihan foto jurnalistik dengan tema “Peran Foto Jurnalistik Dalam Kebencanaan” di Media Center Kodam IM, Neusu Jaya, Banda Aceh, Sabtu (28/5).

Kegiatan yang dilaksanakan dari pagi hingga sore ini diisi oleh tiga pemateri, yaitu Direktur Galeri Foto Jurnalistik Antara Jakarta, Oscar Matuloh, Pemilik Buku Civilization of Light atau Redaktur Foto Serambi Indonesia, Bedu Saini, dan Sekjen Forum Jurnalis Peduli Bencana, Fakhruradzi Gade.

Ketua Panitia, Eko Deni Saputra, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja PFI Aceh yang bersifat berkelanjutan.

“Sebagaimana diketahui, secara geografis Aceh merupakan daerah rawan bencana. Sehingga peran pewarta dalam mitigasi bencana sangat penting,” ujar Eko.

Saat ini, lanjutnya, banyak sekali foto-foto korban bencana yang terserbar luas di media sosial tanpa disensor terlebih dahulu.

“Diharapkan peserta yang ikut pelatihan ini bisa memahani etika foto bencana yang sesungguhnya. Menyebarkan suatu kejadian bencana melalui foto yang sesuai etika,” ujarnya.

Pelatihan foto tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Banda Aceh, Komunitas Fotografi, Komunitas Instagram, dan juga lembaga kepemerintahan yang bergerak di bidang kebencanaan di Aceh, serta TNI dan Polisi. [Aidil Saputra]

Related posts