Dongkrak jumlah turis, Turki tenggelamkan sebuah Airbus

Sebuah Airbus A300 ditenggelamkan di lepas pantai Kusadasi, Turki dalam upaya untuk menarik wisatawan asing. (Rex)

Ankara (KANALACEH.COM) – Pemerintah Turki menenggelamkan sebuah pesawat Airbus di Laut Aegea sebagai upaya menarik wisatawan di tengah menurunnya jumlah turis ke negeri itu.

Pesawat Airbus A300 itu ditenggelamkan di perairan yang berada di barat daya kota wisata populer Turki, Kusadasi, akhir pekan lalu.

Pesawat berharga 270.000 lira Turki atau sekitar Rp 1,2 miliar itu sudah dibongkar di Istanbul pada April lalu sebelum dibawa ke kota yang berada di Provinsi Aydin tersebut.

Diharapkan, setelang ditenggelamkan, pesawat ini akan menjadi semacam rumpon dan bisa menarik berbagai jenis ikan serta menjadi habitat tumbuhan laut.

Wali Kota metropolitan Aydin, Ozlem Cercioglu berharap, proyek ini bisa mengembangkan wisata bahari di kawasan tersebut.

“Tujuan proyek ini adalah untuk meningkatkan keanekaragaman kehidupan bawah laut di Kusadasi dan lebih jauh untuk mengembangkan wisata bahari. Kami berharap 250.000 wisatawan domestik dan asing akan datang setiap tahun,” ujar Ozlem.

“Dengan proyek ini, diharapkan Kusadasi akan mengakhiri musim panas ini dengan sedikit defisit dan bisa membuat kota serta warganya tersenyum. Ini akan menjadi babak baru industri wisata Kusadasi,” tambah Ozlem kepada harian Daily Sabah.

Sejak 2009, Turki sudah menenggelamkan tiga pesawat terbang di distrik Kas dan Kemer di Antalya, wilayah selatan Turki.

Mei menjadi bulan dengan kunjungan turis asing terendah ke Turki selama 17 tahun terakhir di tengah ketegangan negeri itu dengan Rusia.

Pada April, jumlah turis asing yang berkunjung ke Turki tercatat hanya 1,75 juta orang, turun 28 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Jumlah wisatawan asal Rusia juga menurun hingga 80 persen pada April, menyusul ketegangan politik antara Ankara dan Moskwa setelah Turki menembak jatuh jet tempur Rusia tahun lalu. [Kompas]

Related posts