Angin kencang landa Banda Aceh, nelayan enggan melaut

Ilustrasi - Kapal boat nelayan yang merapat di perairan Alue Naga. Para nelayan tak berani melaut karena angin kencang masih melanda Aceh, khususnya Banda Aceh, Selasa (14/6). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Angin kencang yang melanda Aceh, khususnya Banda Aceh membuat beberapa Nelayan di Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh enggan untuk melaut.

Akibatnya para nelayan hanya bisa menunggu cuaca membaik untuk kembali melaut, karena takut ancaman bahaya ketika sedang di laut.

Sementara untuk tetap menghidupi keluarga, para nelayan membuka tabungan yang mereka kumpulkan selama melaut.

“Sudah tiga hari ini kami tidak melaut, akibat cuaca yang tidak mendukung,” ujar Rahmat kepada Kanalaceh.com, warga Desa Alue Naga, Selasa (14/6).

Kalaupun jika terpaksa melaut, penghasilan mereka berkurang, akibat juga tidak berani terlalu jauh ke dalam. Dengan alasan takut ombak besar.

“Bagi yang nekat untuk melaut karena kebutuhan ya tetap melaut, tapi hasilnya ya tidak bisa maksimal, karena di hantui rasa takut,” lanjutnya.

Nelayan lainnya, Suardin ketika ditemui mengatakan, sudah beberapa hari ini angin kencang dan gelombang tinggi akibatnya menghambat para nelayan yang sedang mencari ikan di laut.

“Kalau kita lihat angin ini tiba-tiba saja datang, padahal waktu keluar aman-aman saja ternyata sampai ditengah laut anginnya keluar,” jelasnya.

Warga hanya bisa berharap, cuaca bisa kembali membaik, agar mereka bisa kembali untuk beraktifitas demi menafkahi keluarganya. [Randi]

Related posts