Ramadan, penjualan kambing di Banda Aceh sepi

Ilustrasi penjualan kambing. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tak seperti di bulan biasa, permintaan kambing di bulan Ramadan cenderung menurun drastis. Hal ini diakui oleh pemilik usaha peternakan kambing Kutaraja Aqiqah, Firza.

Firza mengatakan, biasanya di selain bulan Ramadan, penjualan kambing cenderung stabil, tapi di bulan Ramadan ini permintaan jauh menurun. “Biasanya Kutaraja Aqiqah mampu menjual 10 hingga 20 ekor per minggu, tapi kali ini hanya mampu menjual 2 sampai 5 ekor per minggu,” ujar Firza di Desa Cot Mesjid, Lueng Bata, Banda Aceh, Senin (20/6).

Ia menambahkan kondisi ini bisa disebabkan oleh belum tingginya minat masyarakat untuk membuat hajatan di awal bulan Ramadan. “Memang ada beberapa faktor kenapa penjualan kambing sepi pembeli di awal Ramadan, salah satunya karena masyarakat banyak yang belum membuat hajatan di awal Ramadan,” sebutnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa selama Ramadan, selain sepi pembeli, harga kambing juga jauh lebih tinggi bila dibandingkan di bulan biasa, peningkatan harga bisa naik 10 hingga 15 persen dari harga normal.

Ia mencontohkan, apabila di hari biasa harga kambing Rp1,5 juta kini meningkat menjadi Rp1,7 juta. Walaupun demikian, ia mengakui Kutaraja Aqiqah masih menyediakan kambing Aqiqah dengan harga Rp1,5 juta per ekor.

Sementara itu, Distributor Kambing asal Matang, Adam juga membenarkan bahwa harga kambing jauh lebih tinggi, selain itu di pasaran permintaan kambing juga sepi. “Biasanya di Pasar Hewan Sibreh, Aceh Besar, kami pedagang bisa menjual 15-20 ekor kambimg setiap hari pasar, tapi sekarang malah hanya 5-8 ekor yang laku,” kata Adam, Senin (20/6).

Ia mengatakan, kondisi ini tidak berlangsung lama, karena menurutnya pada hari ke-20 Ramadan permintaan akan kembali meningkat.

Hal ini juga diakui oleh Firza, bahwa permintaan akan meningkat memasuki hari ke-20 Ramadan karena masyarakat banyak menggelar hajatan.

“Permintaan stabil lagi kalau sudah masuk hari ke-20 puasa, itu memang banyak dan jauh meningkat penjualan karena masyarakat banyak buat acara kenduri buka puasa dan lainnya,” ujarnya. []

Related posts