Kini Google Maps bisa tampilkan tarif Go-Jek dan Grab

Hugh William, VP Google Maps, saat memberikan keterangan di acara Google for Indonesia, Jakarta, Selasa (9/8). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Google mengumumkan kehadiran fitur Ride Sharing di layanan Google Maps di Indonesia. Fitur ini memberikan informasi estimasi tarif layanan transportasi berbasis online, seperti Go-Jek dan Grab.

“Mulai hari ini, fitur Ride Sharing di Google Maps sudah dapat digunakan di Indonesia,” kata VP Google Maps Hugh William dalam acara Google for Indonesia di Ritz Carlton Ballroom, Selasa (9/8).

Estimasi tarif ojek motor, beserta layanan lain, dari Go-Jek dan Grab akan ditampilkan begitu pengguna mencari tujuan atau lokasi tertentu.

Pilihan tarif akan muncul di aplikasi Google Maps dengan memilih moda transportasi umum yang dilambangkan dengan logo mobil taksi (di Android) atau ikon orang yang sedang melambaikan tangan (di iOS), biasanya di ujung kanan layar.

Pengguna juga bisa langsung memesannya dengan memilih salah satu tarif yang ada. Selanjutnya, pemesanan akan diarahkan ke aplikasi layanan yang dipilih.

Ke depannya, menurut William, fitur ini akan juga tersedia di layanan Google Search. Jadi cukup meng-googling tujuan tertentu, tarif ojek online akan langsung muncul di hasil pencarian.

Fitur ini sudah bisa dicoba di aplikasi Google Maps yang ada di platform Android dan iOS mulai hari ini juga.

Sebelumnya, Google sudah menyematkan fitur serupa, tetapi hanya untuk satu layanan ride sharing saja, yakni Uber.

Di negara lain, layanan serupa juga sudah hadir. Beberapa di antaranya, Taxis di Brasil, Ola Cabs di India, Hailo di Inggris dan Spanyol, mytaxi di Jerman dan Spanyol, dan Gett di Inggris.

Di Indonesia sendiri, Google baru menghadirkan fitur “Transit” untuk Google Maps. Fitur ini dapat memberikan informasi rute, jadwal, dan waktu tiba bus transjakarta secara real-time. [Kompas]

Related posts