Pemimpin ISIS di Afganistan dan Pakistan tewas diserang drone

Hafiz Saeed Khan, pemimpin ISIS di Afganistan dan Pakistan yang dikabarkan tewas akibat serangan drone AS. (Mirror)

Kabul (KANALACEH.COM) – Seorang tokoh senior ISIS di Afganistan dan Pakistan dikabarkan tewas akibat serangan drone Amerika Serikat.

Tokoh ISIS yang tewas itu adalah Hafiz Saeed Khan, ketua regional organisasi tersebut di Afganistan dan Pakistan.

Menurut harian terbitan Pakistan The Express Tribune, Saeed Khan tewas bersama 23 komandan ISIS lainnya dan hal ini dibenarkan seorang pejabat keamanan Afganistan.

Kematian Saeed Khan dan puluhan tokoh senior ISIS ini nampaknya merupakan pukulan keras terhadap upaya organisasi tersebut menancapkan kukunya di Afganistan dan Pakistan.

Pemerintah AS mengatakan masih menginvestigasi klaim ini, tetapi Dubes Afganistan di Pakistan Omar Zakhilwal yakin Saeed Khan memang sudah tewas.

“Saya bisa pastikan bahwa pemimpin ISIS di kawasan Khurasan, Hafiz Saeed Khan bersama para komandan seniornya tewas dalam serangan drone pada 26 Juli di distrik Kot, provinsi Nangarhar, Afganistan,” kata Zakhilwal.

Jika kematian Saeed Khan ini dipastikan benar, maka dia adalah tokoh papan atas ISIS terakhir yang tewas akibat “ulah” drone AS di kawasan itu, setelah kematian Mullah Mansour, pemimpin Taliban pada Mei lalu.

Saeed Khan adalah anggota Taliban Afganistan yang memerangi pasukan AS pasca tragedi 11 September sebelum bergabung dengan Taliban Pakistan.

Dia adalah satu dari enam komandan yang memisahkan diri dari Taliban Pakistan untuk menyatakan sumpah setia kepada Abubakar Al-Baghdadi, pemimpin ISIS pada 2014.

ISIS kemudian menunjuk Saeed Khan sebagai emir untuk wilayah provinsi Khorasan yang disebut ISIS sebagai Asia Selatan.

Bukan kali ini saya Saeed Khan dikabarkan tewas. Pada 2015 intelijen Afganistan mengatakan Saeed Khan tewas akibat serangan drone tapi pernyataan itu tak pernah terkonfirmasi.

Selain itu, beberapa terbitan Dabiq, majalah milik ISIS, kerap menampilkan wawancara dengan Saeed Khan. [Kompas]

Related posts