Mendagri minta masyarakat aktif awasi pemilu

Mendagri: Kenaikan dana parpol bukan jaminan tak korupsi
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Okezone)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta masyarakat berperan aktif dalam pengawasan pemilihan umum serta pemilihan kepala daerah.

Ia meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak hanya sendirian mengawasi pemilu tapi juga aktif mengajak masyarakat mengawasi pemilu.

“Jadi sekarang ini tugas Bawaslu mengajak masyarakat menyosialisasikan bahwa tugas pengawasan yang berhasil tidak semata-mata milik Bawaslu harus didukung penuh seluruh elemen masyarakat,” ujar Tjahjo dalam Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (14/8).

Menurut Tjahjo, masyarakat serta media massa harus terlibat untuk mengawasi pemilu, tidak hanya saat pelaksanaan pemilu saja tetapi juga tahapan-tahapan sebelum dan sesudahnya seperti pendaftaran ataupun penghitungan suara.

“Peran pengawasan dari sekecil apapun proses tahapan sampai nanti pada hari H-nya penghitungan dan sebagainya,” ungkap Tjahjo.

Tjahjo mengungkapkan peran Bawaslu yang diketuai Muhammad saat ini dinilainya cukup bagus.

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilakukan Bawaslu diapresiasi Tjahjo karena ingin mengajak masyarakat turut berpatisipasi dalam pengawasan pemilu.

“Bapak Muhammad ini mengomandoi sampai ke tingkat paling bawah sudah seperti panglima TNI. Kemarin di 2015 memberikan hasil yang cukup bagus, dengan kegiatan ini setidaknya Bawaslu ingin mengajak bahwa pengawasan tak cukup oleh Bawaslu saja tapi peran masyarakat, peran media semuanya harus ikut terlibat,” ungkap Tjahjo.

Dalam acara ini, Bawaslu juga meluncurkan aplikasi Go Waslu yang berguna bagi masyarakat melaporkan tindakan kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan pemilu.

Selain itu, menurut Muhammad aplikasi ini juga digunakan setiap Bawaslu tingkat daerah bisa cepat melaporkan hasil pengawasannya ke Bawaslu Pusat.

“Selama ini ada yang bilang bagaimana laporan saya bisa cepat, nah Bawaslu ini buat aplikasi supaya masyarakat bisa cepat laporkan dan kita cepat lakukan penindakannya,” pungkas Muhammad. [Okezone]

Related posts