Bus dan truk BBM tabrakan di Afganistan, 35 tewas

Jalan raya Kabul-Kandahar. (Telegraph)

Kandahar (KANALACEH.COM) – Sedikitnya 35 orang tewas akibat sebuah bus sarat penumpang bertabrakan dengan truk pengangkut BBM di provinsi Zabul, wilayah selatan Afganistan, Minggu (4/9) dini hari.

“Bus itu tengah dalam perjalanan dari Kandahar menuju Kabul ketika kecelakaan terjadi. Akibatnya, 35 orang tewas dan lebih dari 20 orang lainnya terluka,” kata Gubernur Zabul, Bismillah Afghanmal.

Afghanmal menambahkan, akibat tabrakan itu muncul ledakan yang menjilat bus sehingga jasad para korban, termasuk perempuan dan anak-anak, sulit dikenali.

“Para korban luka dilarikan ke rumah sakit di ibu kota provinsi, Qalat dan ke provinsi Kandarah,” kata wakil kepala kepolisian Zabul, Ghulam Jilani Farahi.

Jalan raya Kabul-Kandahar melintasi kawasan yang menjadi basis kelompok militan, akibatnya banyak pengemudi bus melaju dengan kecepatan tinggi agar tak terjebak dalam aksi para kelompok militan.

Pada Mei lalu, 73 orang tewas ketika dua bus dan sebuah mobil mengangkut BBM bertabrakan dan meledak di provinzi Ghazni.

Sedangkan pada April 2013, sebuah bus menghantam truk BBM yang rusak di provinsi Kandaran sehingga menewaskan 45 orang. [Kompas]

Related posts