Prodi Kimia FMIPA Unsyiah raih akreditasi A

Logo Unsyiah. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Setelah Program Studi (Prodi) Matematika, Fisika, dan Biologi, kini satu lagi Prodi Kimia di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih nilai akreditasi A dalam tahun 2016 ini.

Kepastian ini diperoleh sejak laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memuat nilai akreditasi terbaru dari salah satu prodi tertua di FMIPA Unsyiah ini sejak Jumat (2/9) lalu.

Nilai akreditasi terbaik Prodi Kimia ini paling tidak akan bertahan hingga 18 Februari 2021.

Prodi Kimia sebelumnya telah dua kali berakreditasi B setelah sebelumnya berakreditasi C.

Sebenarnya, tahun ini, setelah proses akreditasi terakhir, Prodi Kimia ini juga diberi nilai B oleh BAN-PT.

Namun, Prodi ilmu-ilmu murni bidang kimia ini kemudian melakukan banding, karena beberapa sisi dianggap kurang tepat dipersepsikan.

BAN-PT kemudian mengirimkan tim visitasi baru beranggotakan empat orang pada bulan Juli lalu untuk menilai kembali beberapa poin yang diajukan banding oleh Prodi Kimia.

Keempat Prodi yang telah meraih nilai akreditasi tertinggi ini merupakan program studi yang dilahirkan berbarengan dengan lahirnya FMIPA pada tahun 1989.

Sementara beberapa Prodi lainnya, seperti Informatika, Farmasi, Statistika, serta D-III Teknik Elektronika dan D-III Manajemen Informatika merupakan program studi yang lahir kemudian.

Dekan FMIPA, Dr. TM Iqbalsyah M Sc mengungkapkan kegembiraannya dengan keberhasilan keempat Prodi di lingkungan FMIPA ini dalam meraih nilai akreditasi terbaik.

Meskipun keempat prodi tersebut meraih nilai terbaik di masa kepemimpinannya, namun Iqbalsyah menolak pendapat bahwa hasil tersebut adalah hasil kerjanya.

“Ini adalah hasil dari kerjasama semua pihak, dan bukan hasil instan yang kita usahakan dalam dua tiga tahun terakhir saja, tetapi ini lebih merupakan akumulasi dari hasil kerja sejak lama dari semua individu yang ada di FMIPA,” ujar Iqbalsyah dalam siaran pers yang diterima Kanalaceh.com, Senin (5/6).

Sementara itu, ketua Program Studi Kimia, Dr. Muliadi Ramli, M.Si mengaku sangat senang dengan pencapaian prodinya ini.

Muliadi menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tak terhingga untuk seluruh civitas akademika Prodi Kimia serta FMIPA secara umum atas seluruh dukungan, sehingga nilai akreditasi terbaik ini bisa dicapai.

Saat ini, Unsyiah telah memiliki 127 Prodi dengan berbagai tingkatan, yaitu D-III, Sarjana, Profesi, Spesialis, dan Pascasarjana. Di antara semua prodi tersebut, terdapat 18 prodi yang telah berhasil mendapatkan nilai akreditasi A.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, mengatakan bahwa jumlah prodi yang berakreditasi A di Unsyiah masih di bawah target.

Dalam Master Plan Unsyiah telah dituliskan bahwa target pencapaian prodi yang berakreditasi A di tahun 2017 mencapai 35%. Sementara saat ini baru 14,2%.

Namun demikian, Samsul mengaku senang dengan pencapaian empat Prodi di FMIPA yang berhasil meraih akreditasi terbaik ini. Harapannya, semangat akreditasi terbaik ini tertular ke prodi-prodi lain yang masih B dan C. [Aidil/rel]

Related posts