Alat pengukur jenis kelamin ciptaan mahasiswa dapat penghargaan internasional

Ilustrasi - hewan ternak, sapi. (Republika)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Mahasiswa Fakutas Teknik dan Perternakan Universitas Brawijaya menciptakan SWIMP UP-SORTER, yakni alat pengatur jenis kelamin hewan ternak.

Alat ini mengatar mereka meraih penghargaan Gold Prize pada kompetisi internasional The 3rd International Young Invnetors Award (IYIA), yang diselenggarakan di Surabaya Convention Hall, 6-8 September 2016.

SWIMP UP-SORTER adalah inovasi teknologi penyortir spermatozoa X dan Y untuk menentukan jenis kelamin ternak jantan dan betina sebagai upaya untuk meningkatkan populasi hewan ternak.

“Fungsinya yaitu sexing spermatozoa X dan Y,” jelas Ketua Tim Frido Wahyu, Jumat (9/9).

Frido menerangkan, alat ini menggabungkan konsep sentrifugasi dan elektroforesis. Di tahap pertama atau sentrifugasi bertujuan memisahkan bagian motil (hidup) dan inmotil (mati). Dan setelahnya pada tahap ke-2 atau elektroforesis bertujuan memisahkan bagian X dan Y yang masih hidup. Kromosom X menuju ke katoda dan kromosom Y menuju ke anoda.

“Alat ini masih berupa prototipe. Pengujian pertama telah dilakukan di Laboratorium Sumber Sekar Universitas Brawijaya,” katanya

Untuk selanjutnya, lanjut Frido, timberencana melakukan pengujian keduaberupa pengujian langsung terhadap ternak (inseminasi buatan atau teknologi lain) untuk keberhasilan sexing spermatozoa.

“Dari hasil pengujian pertama tadi telah menunjukkan alat berhasil mempertahakan fertilisasi spermatozoa,” kata mahasiswa angkatan 2014 tersebut. [Republika]

Related posts