Jembatan terancam ambruk akibat tebing badan jalan jebol di Pidie

Ilustrasi jembatan ambruk. (Reuters)

Sigli (KANALACEH.COM) – Jembatan penghubung Gampong Trueng Capli,Kecamatan Glumpang Baro dengan Gampong Pasie Lhok, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie terancam ambruk.

Ini menyusul tebing badan jalan sepanjang 12 meter yang bersisian dengan jembatan sejak tiga bulan terakhir jebol akibat pengikisan air sungai selama lima tahun terakhir.

“Bangunan tebing penahan badan jalan yang berisian dengan jembatan itu dibangun 2011 lalu dan sejak hampir tiga bulan jebol akibat pengikisan air sungai,”sebut Tgk Burhan selaku warga Kecamatan Glumpang Baro, Pidie, Senin (19/9).

Menurut Burhan, jika tak segera ditangani, berupa penanganan pembangunan tanggul atau tebing penahan badan jalan tersebut, maka abutmen jembatan penghubung utama dari kedua gampong atau kedua kecamatan itu akan menerjang tanah tebing sehingga berimbas bagi keselamatan jembatan.

Buat sementara, akibat jebolnya tebing badan jalan menyebabkan warga yang melintas saban malam hari merasa cemas terperosok ke saluran sungai.

Karenanya, masyarakat mendesak agar Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) untuk dapat turun ke lokasi untuk meninjau secara langsung imbas abruknya tebing badan jalan. [Serambi]

Related posts