Turis asal Hawai tewas tenggelam di Nias

Ilustrasi tenggelam. (Merdeka)

Medan (KANALACEH.COM) – Seorang wisatawan asal Hawai, Amerika Serikat ditemukan tewas di perairan Pulau Asu, desa Hinako, Sirombo‎, Nias Barat, Sumatra Utara. Korban diduga meninggal karena tenggelam dan kehabisan oksigen saat menyelam di dalam laut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, jenazah korban yang bernama Makena Baker Ryuichi (21) ditemukan sudah tak bernyawa pada Jumat (16/9) siang.

“Korban yang berkewarganegaraan Amerika Serikat ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di perairan Pulau Asu,” kata Rina, Minggu (18/9).

Rina mengatakan, korban merupakan wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata bersama ibunya, Hiroyo Baker dan rekannya, Kahaai Howard dan Stefen Kennedy. Ketiganya pun telah diperiksa sebagai saksi oleh aparat kepolisian setempat.

“Dari keterangan saksi, korban diketahui menembak ikan di kedalaman 13 meter dengan menggunakan panah ikan dan tanpa alat bantu tabung oksigen,” ujar dia.

Rina menjelaskan, kedua saksi sempat melihat korban naik ke permukaan laut setelah berhasil menembak dua ekor ikan. Dia pun kemudian kembali menyelam.

Namun, sekitar sepuluh menit kemudian korban tidak muncul ke permukaan laut sehingga temannya Kahaai Howard berteriak meminta tolong kepada warga sekitar.

Warga pun melakukan pencarian dan akhirnya menemukan korban di dasar laut di kedalaman sekitar 13 meter dalam keadaan tidak sadar diri.

“Para saksi berusaha membantu mengangkat korban ke permukaan lalu dibantu pernafasannya namun nyawa korban tidak dapat diselamatkan. Diperkirakan korban tenggelam selama 10 atau 15 menit sebelumnya,” jelas Rina.

Polisi setempat yang mendapatkan informasi tersebut kemudian mengevakuasi Makena ke Rumah Sakit Umum Gunung Sitoli, Nias.

Usai divisum, jenazah korban dibawa ke Krematorium Tanjung Morawa untuk dikremasi. Abu mayat korban pun dibawa oleh ibunya ke negara asal mereka di Hawai, Amerika Serikat. [Republika]

Related posts