Harun Keuchik Leumik luncurkan buku Potret Sejarah Banda Aceh

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wartawan senior sekaligus tokoh masyarakat kota Banda Aceh, Haji Harun Keuchik Leumik meluncurkan buku “Potret Sejarah Banda Aceh” di Aula Balai Kota, Banda Aceh, Senin (3/20).

Buku setebal 248 halaman tersebut berisikan foto-foto kota Banda Aceh yang ia jepret sejak tahun 1950.

Harun Keuchik Leumik dalam sambutannya, mengatakan keinginan untuk membukukan kumpulan foto-fotonya sudah sejak lama dan kali ini baru terwujud.

Kecintaannya pada dunia fotografi sudah dimulai sejak tahun 1950 dengan modal kamera pinjaman. Baru pada tahun 1957 ia mempunyai kamera sendiri yang dibeli orang tuanya sepulang dari haji.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh, illiza Sa`aduddin Djamal mengapresiasi pengarang dan penerbit yang telah melahirkan buku Potret Sejarah Banda Aceh, buku ini sangat penting untuk merawat sejarah dan menambah pengetahuan para generasi untuk mengetahui bagaimana masa lalu kota ini.

“Harun Keuchik Leumik merupakan sosok sangat luar biasa. Untuk merawat sejarah, seharusnya buku seperti ini dibuat oleh pemerintah, namun beliau telah melahirkan buku ini dengan suka rela tanpa meminta uang sedikitpun,” ujar Illiza.

Dengan terbitnya buku ini, lanjutnya, mengingatkan Pemerintah untuk terus merawat sejarah. Saat ini Pemko Banda Aceh sedang merencanakan pembangunan museum digital yang akan memuat segala benda-benda bersejarah yang terkait dengan kota ini.

“Kita telah menjalin komunikasi dengan pemerintah Belanda, Turki, dan berbagai Negara terkait untuk memulangkan benda-benda bersejarah kota ini. Kita juga telah membentuk tim khusus yang akan melacak peningggalan-peninggalan bersejarah terkait kota ini,” imbuhnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts