Humas se-Aceh gelar rapat koordinasi

Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian membacakan sambutan Sekretaris Daerah saat membuka Rapat Koordinasi Kab/Kota se Aceh di Aula Serbaguna Kantor Gubernur, Banda Aceh, Senin (10/10). (humas pemprov Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Biro hubungan masyarakat sekretariat daerah Aceh menggelar rapat koordinasi kehumasan se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Senin (10/10). Rakor yang di ikuti oleh humas dari Kabupaten / kota tersebut dibuka Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan  yang diwakili kepala biro humas Setda Aceh, Frans Dellian.

Dalam Sambutannya, Sekda Dermawan menyampaikan, ada empat hal yang menjadi cakupan fungsi pokok humas pemerintahan yaitu, mengkomunikasikan dengan baik segala kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan dan menyebarluaskan informasi mengenai kebijakan pemerintah. Kemudian, sebagai komunikator, sekaligus mediator yang proaktif, serta siap menampung aspirasi publik dan berperan serta dalam menciptakan iklim yang kondusif demi mengamankan stabilitas dan kelancaran program pemerintah.

“Untuk melaksanakan semua tugas tersebut, humas membutuhkan aparatur yang cerdas, komunikatif, teliti, tajam dalam menganalisa serta luwes dalam bergaul untuk menduduki jabatan sebagai humas,” kata Dermawan.

Selain itu lanjut Dermawan, apartur humas juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.

Ia mencontohkan, perkembangan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi di zaman sekarang.

“Saat ini banyak isu yang lebih dahulu berkembang di media sosial, baru kemudian menjadi marak dan diangkat oleh media sebagai berita utama,” ujar Dermawan.

Untuk menyikapi hal tersebut kata Dermawan, pendalaman ilmu dalam bentuk diskusi atau seminar untuk menggali hal-hal baru atau menelaah situasi yang berkembang di masyarakat, merupakan aktivitas yang harus dijalankan para pejabat humas. “Rakor yang kita laksanakan hari ini salah satu upaya untuk memperkuat pengetahuan itu,”.

Dermawan berharap melalui Rakor tersebut humas se- Aceh dapat saling bertukar informasi, mempelajari hal-hal baru, serta kritis dalam melihat dinamika yang terjadi di masyarakat.

“Semoga melalui rakor ini, para pejabat humas pemerintahan di Aceh mampu merumuskan dan lebih memperkuat fungsi dan tanggungjawabnya untuk menyampaikan, menganalisa dan meramu berbagai informasi terkait program pembangunan, sehingga komunikasi antarlembaga pemerintahan, serta antara pemerintah dan masyarakat semakin baik,” ujar Dermawan.

Rapat Koordinasi yang dihadiri 70 peserta dari kabag humas dan pejabat humas Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh tersebut turut menghadirkan pemateri diantaranya, pakar komunikasi dari Universitas Syiah Kuala, Hamdani Syam, pakar dan praktisi sosial media dan pimpinan komunitas I Love Aceh, Aulia Fitri.[Randi/rel]

Related posts