Aceh Tengah gelar MTQ ke 32 tingkat Kabupaten

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin memukul beduk tanda dimulainya MTQ XXXII tingkat Kabupaten Aceh Tengah di Kecamatan Ketol. (ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Pemerintah kabupaten Aceh Tengah menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-32 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Ketol mulai 10-15 Oktober mendatang.

Pemukulan beduk oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin didampingi oleh segenap unsur Forkopimda yang turut serta menandai dimulainya pelaksanaan MTQ.

Menurut Camat Ketol yang bertindak selaku ketua panitia MTQ, Maimun, pihaknya telah mempersiapkan berbagai kelengkapan agar MTQ dapat berlangsung sukses.

“Mulai dari pemondokan dan sarana perlombaan sudah kita siapkan, mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan MTQ,” ungkap Maimun, disela pembukaan MTQ, Senin (10/10)

Sementara Sekretaris Daerah selaku Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Aceh Tengah, Karimansyah menyebutkan, semangat masyarakat untuk mempelajari kitab suci Al-Qur’an semakin hari semakin meningkat

Hal tersebut menurutnya, tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan masyarakat dalam membumikan Al-Qur’an. Baik berbentuk intensitas kegiatan musabaqah disetiap level pemerintahan, maupun kegiatan pengajian rutin yang selama ini berjalan dilingkungan masyarakat.

Karimansyah menambahkan, pelaksanaan MTQ kabupaten kali ini diikuti oleh 408 peserta dari tujuh cabang yang dilombakan, mulai dari Tilawah, Hifzhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Tafsir Qur’an, Khatil Qur’an dan Menulis Makalah Al-Qur’an.

Sementara, Bupati Nasaruddin mengharapkan agar masyarakat dapat memaknai pelaksanaan MTQ sebagai upaya untuk mempelajari, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

“Pada akhirnya setiap masyarakat memiliki kewajiban untuk mengamalkan dan mendakwahkan Al-Qur’an sebagai syarat kebahagiaan Dunia dan kemenangan di Akhirat kelak,”ujar Nasaruddin.[Randi/rel]

Related posts