Demi kesehatan raja, warga Thailand gunakan pakaian warna pink

Untuk menunjukkan rasa simpati kepada raja, warga Thailand gunakan pakaian serba pink. (okezone)

Thailand (KANALACEH.COM) – Warga Thailand kompak mengenakan kaus berwarna pink pada Selasa (11/10) untuk menunjukan rasa simpati pada kondisi kesehatan Raja Bhumibol Adulyadej yang belum juga stabil.

Penggunaan atribut pakaian serba pink ini dilakukan setelah Istana melaporkan kondisi kesehatan Bhumibol yang menurun usai menjalani perawatan hemodialisis atau cuci darah pada Senin kemarin.

Masyarakat Thailand percaya bahwa pakaian berwarna cerah dapat mendatangkan keberuntungan. Mereka berharap dengan memakai warna pink, kesehatan Raja bisa  membaik.

Selain itu warna pink dipilih setelah beberapa tahun lalu seorang astrolog kerajaan menyatakan warna itu baik untuk raja guna meningkatkan kesejahteraan. Semenjak itu pula, raja sesekali terlihat menggunakan warna pink dalam beberapa kesempatan publik.

“Saya sangat mengkhawatirkan kondisi kesehatan raja. Saya bisa mengenakan pakaian warna pink setiap hari,” ujar Chay Chinapairot (46), seorang pegawai pemerintah di Bangkok yang memakai baju pink, seperti dikutip Reteurs.

Tanda pagar di media sosial #wishthathismajestyrecoverssoon dalam bahasa Thai marak digunakan, salah satunya pada laman Facebook ‘We Love Thai King’ yang memiliki 2,5 juta anggota.

Selain itu, biksu-biksu pada salah satu kuil di pusat kota, kuil Wat Pathum Wanaram, turut memanjatkan doa-doa untuk kesembuhan Raja Bhumibol.

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha beserta anggota kabinetnya akan menandatangani buku ucapan kesembuhan bagi Raja Bhumibol di Istana Bangkok hari ini.

Warga juga berdatangan ke Rumah Sakit Siriraj di Bangkok tempat Raja Bhumibol dirawat dalam beberapa tahun terakhir.

Pemberitaan mengenai kesehatan raja sangat ketat dipantau oleh istana. Kabar mengenai kesehatan raja tidak sembarangan bisa dipublikasi. Hukum sangat ketat melindungi pemberitaan keluarga kerajaan khususnya mengenai isu-isu kesehatan. [Cnn]

Related posts