24.3 C
Banda Aceh

WR I Unsyiah: Pendaftaran tes penjajakan bidang ilmu sudah dibuka

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr Hizir mengatakan, pendaftaran Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) sudah dibuka kembali sejak 17 Oktober hingga 25 November 2016.

“Perlu diingat bahwa TPBI bukanlah jalur masuk universitas. Ini hanya tes minat dan kemampuan siswa. Namun, hasil tesnya dapat dijadikan acuan bagi kampus untuk penerimaan mahasiswa baru ke depan,” tegas Hizir, Rabu (19/10).

Ia menyebutkan, pembayaran biaya TPBI disetorkan melalui bank BNI mulai 17 Oktober-25 November 2016. Kartu ujian dapat dicetak sejak 17 Oktober-26 November.

- Advertisement -

“Tepatnya sampai pukul 11.30 WIB. Sementara ujian tulis akan dilaksanakan pada 27 November 2016,” sebutnya.

Pendaftaran TPBI dilakukan secara online di situs http://penerimaan.spmb.or.id/. Informasi bantuan dapat dilihat di bagian panduan situs tersebut.

Meskipun demikian, lanjut Hizir, hasil tes TPBI akan dijadikan bahan pertimbangan perguruan tinggi ketika penerimaan mahasiswa baru nantinya. Hasil TPBI akan diberikan dalam bentuk sertifikat kepada peserta sesuai dengan pilihan PTN-nya.

“TPBI hanya diperuntukkan bagi siswa SMA kelas 12 semester 1, tanpa memperhatikan peringkat di kelas. Selanjutnya, mereka nantinya hanya dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan pilihan PTN,” jelas Hizir.

Ia menambahkan, hanya tujuh universitas negeri yang menyelenggarakan TPBI, yaitu Unsyiah, Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudra (Unsam), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Udayana (Unud).

TPBI bertujuan untuk memberikan penilaian prediksi kemampuan siswa secara individual yang diukur dan dibandingkan pada tingkat daerah, provinsi, maupun nasional berdasarkan materi yang sama.

Selain itu, juga untuk memberikan gambaran awal dan dapat digunakan sebagai indikator kemampuan intelektual, minat, dan bakat seorang siswa. [Aidil/rel]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Pemko Banda Aceh Diprotes Karena Lanjutkan Proyek IPAL di Gampong Pande

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Proyek pembangunan Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande, Banda Aceh diprotes oleh pemuda yang mengatasnamakan diri keturunan Sultan...

Walkot Subulussalam Lantik Pengurus Mubaligh Muda Sada Kata

Subulussalam (KANALACEH.COM) - Wali kota Subulussalam Affan Alfian Bintang melantik pengurus Persatuan Mubaligh Muda Sada Kata (Pemudata) Subulussalam periode tahun 2020 – 2025, Jumat...

Jampidsus Dapat Mandat Mahfud Untuk Usut Dana Otsus Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono mengatakan aparat penegak hukum di Indonesia akan mulai mendalami penggunaan dana otonomi khusus...

Inilah 5 Syarat Menikahi Polwan Yang Harus Anda Ketahui

Kanal Aceh - Menikah memang harus melewati proses saling mengenal yang tidak bisa dianggap remeh. Baik dari sisi pria maupun wanita. Dari sisi Pria...

Berita Terbaru