Hindari! 5 bahaya merokok saat berbuka puasa
Ilustrasi merokok. (sindonews.com)

(KANALACEH.COM) – Merokok memang kebiasaan yang tidak sehat bagi semua orang, tetapi ternyata dampaknya lebih merusak pada orang yang terinfeksi HIV. Bahkan, efek rokok itu lebih membahayakan dibanding virus HIV.

Menggunakan simulasi komputer, para peneliti mengungkap bahwa penggunaan tembakau bisa mengurangi usia harapan hidup orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dua kali lipat dibanding virusnya sendiri.

Bahkan, ODHA yang berhenti merokok juga memiliki usia harapan hidup lebih tinggi.  Oleh karena itu, diperlukan upaya berhenti merokok yang efektif pada ODHA untuk meningkatkan usia harapan hidup.

AdsPHP Dev Cloud Hosting

“Merokok memang buruk bagi kesehatan, tetapi kami bisa menunjukkan separah apa dampaknya. Orang dengan HIV yang rutin minum obat tetapi merokok, risikonya lebih besar meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok ketimbang virus HIV,” kata Dr.Krishna P Reddy, peneliti.

Merokok diketahui menurunkan kekebalan tubuh karena membantu bakteri berkoloni dan menjadi resisten di tubuh. Padahal, HIV menyebabkan daya tahan tubuh sudah rendah. [Kompas]

Ads