Pasangan calon Pilkada Aceh harus berkampanye damai

Redelong (KANALACEH.COM) – Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Tatang Sulaiman meminta kepada setiap pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh harus mengedepankan kampanye damai agar pesta demokrasi berjalan aman dan damai.

Hal itu disampaikan Pangdam kepada semua pasangan calon dalam Pilkada, saat berkunjung ke Pendopo Bupati Aceh Tengah, Simpang Tiga Redelong Bener Meriah, Jumat (18/11).

Terkait dengan situasi, Tatang mengatakan untuk saat ini kondisi masih kondusif walaupun masih ada beberapa kejadian yang sifatnya kerikil-kerikil kecil untuk mempengeruhkan situasi yang sebenarnya harus tidak terjadi.

“Seperti perampasan dan penurunan bendera-bendera partai dan pelemparan granat,” katanya.

Ia menilai, kejadian itu merupakan bagian provokasi dan intimidasi, walaupun tidak menjatuhkan korban tetapi warga menjadi takut.

Maka, lanjutnya, untuk pasangan calon baik tingkat provinsi sampai kabupaten/kota harus mewujudkan deklarasi damai yang telah disepakati.

“Jangan damai tetapi masih ada provakasi. Masyarakat juga harus mewujudkan Pilkada aman dan nyaman,” ujar Tatang.

Dirinya mengimbau kepada pihak-pihak terkait untuk bersikap netral.

“Pihak TNI, Polri KIP, dan Panwaslih, pemerintah daerah hingga aparat tingkat desa harus netral dan siap menjaga keamanan sehingga masyarakat nyaman,” pungkasnya. [Aidil/rel]

Related posts