Warga Lhoknga digegerkan dengan penemuan mortil

Lima mortil peninggalan zaman Belanda ditemukan warga dihalaman rumahnya, Minggu (20/11). (ist)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Warga desa Naga Umbang, Lhoknga, Aceh besar yang saat itu mencakul dihalaman rumahnya kaget dengan ditemukannya lima mortar masa peninggalan Belanda, Minggu (20/11).

Kapolsek Lhoknga Yoga Panji Prasetya yang saat itu dikonfirmasi mengatakan, lima mortir tersebut ditemukan saat pemilik rumah bernama Ramli Anzip sedang menggali tanah untuk membuat pondasi rumahnya.

“Pada saat mencangkul tiba-tiba yang bersangkutan mendengar dan merasakan suara benturan besi dengan cangkul yang digunakannya dan memutuskan untuk menggali tanah tersebut dan melihat ada benda jenis besi runcing dan bulat,” katanya.

Kelima mortir tersebut masing-masing berukuran diameter 20 cm tinggi 30 cm dengan berat 20 kg sebanyak tiga buah dan dua lagi berukuran diameter 10 cm tinggi 20 cm berat 5 kg.

“Semua mortir itu sudah berkarat dan susah dikenali jenisnya karena sudah tertanam belasan tahun,” ujarnya.

Mengetahui benda tersebut, selanjutnya pihak kepala desa langsung melaporkan ke Polsek Lhoknga dan Koramil setempat. Kelima mortir tersebut langsung diamankan ke Polsek Lhoknga dan selanjutnya akan kita serahkan ke tim Jibom dari satbrimob Polda Aceh.

“Mortir itu nantinya akan kita serahkan ke tim jibom Brimob Polda Aceh,” ujarnya. [Randi]

Related posts