Kini di Aceh hadir klub senam Al-Kautsar

Anggota klub senam Al-Kautsar. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sesuai dengan anjuran BPJS Kesehatan, bahwa pasien yang mendapatkan pelayanan dari BPJS dengan program prolanis, sebaiknya juga melakukan penyembuhan melalui konsultasi rutin serta olahraga senam.

Menjawab kebutuhan tersebut, kini di Aceh, tepatnya di Banda Aceh sudah dibentuk sebuah klub senam “Al-Kautsar”. Klub yang diasuh langsung oleh dr. Safriadi, ini beralamat di Jalan Sultan Alaidin Johansyah, Lamlagang, Banda Aceh.

Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan secara proaktif yang dilaksanakan dengan terintegrasi oleh penderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Ketua Klub Katsar, Drs Marwan, menyebutkan di antara kegiatan klub tersebut adalah konsultasi kesehatan dan senam sehat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua kali dalam sebulan.

“Kita mengagendakannya (senam sehat) setiap pekan ke-2 dan ke-4 pada setiap bulannya,” ujar Marwan dalam rilis yang diterima Kanalaceh.com, Minggu (27/11).

Sementara untuk konsultasi kesehatan, Kautsar memberikan pelayanan tensimeter serta cek gula untuk pendeteksian darah manis.

Dalam bentuk edukasi, Klub Kautsar akan memberikan pemahaman terkait pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta peningkatan status kesehatan bagi peserta.

Dengan demikian, tentunya Klub Al-Kautsar adalah sebuah kebutuhan untuk memberikan pelayanan dalam menyongsong hidup sehat.

Fasilitas khusus yang diberikan adalah konsultasi rutin yang akan ditangani langsung oleh dokter spesialis. Ada keterikatan antara peserta klub dengan dokter yang menangani sehingga peningkatan  status kesehatan seluruh peserta dapat terjamin dan tercapai.

Untuk senam sehat, kata Marwan, akan dipandu langsung oleh pelatih senam Jantung Sehat. Pada tahap awal, tercatat sekitar 50 anggota yang telah bergabung sebagai penerima manfaat dari Klub Kautsar.

“Yang kita jalankan sangat sesuai dengan anjuran BPJS. Penyembuhan penyakit selain dengan pengobatan harus juga dilakukan melalui konsultasi kesehatan rutin serta olahraga yaitu senam,” tutup Marwan. [Aidil/rel]

Related posts